Nama Sekolah : SMA
Mata Pelajaran :PEND.JASMANI
,OLAHRAGA DAN KESEHATAN
Kelas/Semester :
X/1
Standar Kompetensi : 1.Mepraktekkan berbagai
ketermpilan permainan olaharaga dalam bentuk sederhana dan
nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
Kompetensi
dasar
|
Materi
pembelajaran
|
Kegiatan pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
waktu
|
Sumber
/alat
|
||
teknik
|
Bentuk instrumen
|
soal
|
||||||
1.1Mempraktekkan keterampilan bermain salah satu permainan
dan olahraga beregu bola besar serta nilai kerja sama
,kejujuran,menghargai,semangat dan percaya diri.
|
SEPAKBOLA
-teknik menendang bola menggunakan kaki bagian
dalam,punggung kaki .
BASKET
|
-menendang bola menggunakan kaki bagian dalam,punggung
kaki dan kaki bagian luar dengan teknik yang benar secara berpasangan.
-menendang bola menggunakan kaki bagian dalam,punggung
kaki dan kaki bagian luar dengan teknik yang benar secara berkelompok.
-melakukan permainan bola basket hanya menggunakan passing
secara berkelompok.
|
-menendang bola mengggunakan kaki bagian dalam degan
teknik yang benar.
-menendang bola menggunakan punggung kaki dengan teknik
yang benar.
-bermain bola basket dengan peraturan dimofikasi
|
-Tes perbuatan
|
-Operan bola
-ribling
-ribling
-Chess pass dan bound pass
|
-bagaimana posisi kaki tumpuan saat menendang bola dengan
kaki bagian dalam?
-bagaimana cara menggunakan punggung kaki dengan lakukan
ribling?
-bagaimana melakukan passing chess pass & bound pass
yang benar?
|
8x45
|
Buku sumber latihan sepak bola metode baru,eric
c.batty,pionir jaya,bandung
Lapangan sepak bola,bola,pluit,corong,stop watch.
Lapangan basket,bola,pluit.
|
Kompetensi
dasar
|
Materi
pembelajaran
|
Kegiatan pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
waktu
|
Sumber
/alat
|
||
teknik
|
Bentuk instrumen
|
soal
|
||||||
1.2 Mempraktekkan keterampilan bermain salah satu
permainan dan olahraga beregu bola kecil dengan menggunakan alatdan peraturan
yang dimodifikasi serta nilai kerja sama ,kejujuran,menghargai,semangat dan
percaya diri.
|
PERMAINAN
SOFTBALL/BASEBALL
-teknik melempar
-teknik menangkap
-teknik memukul bola
|
-melambungkan bola menggunakan satu tangan kesasaran yang
ditempelkan.
-melambungkan bola menggunakan satu tangan kepasangan
-setelah pemanasan siswa
secara berpasangan melakukan latihan memegang bola
dilanjutkan melmpar(atas,samping,bawah)dan menangkap bola dari arah gulir
tanah ,melmbung dan datar lurus.
|
-melakukan teknik melambungkan bola
-melakukan teknik melambungkan bola dengan benar
-melakukan teknik meenangkap bola dengan benar
|
-Tes perbuatan
-praktek
-praktek
|
-operan dengan melempar
-operan melmbung
-bentuk tangkapan
|
-bagaimana melakukan teknik melempar bola yang benar?
-bagaimana melakukan teknik melambungkan bola yang benar?
-apa yang kita lakukan supaya tangkapan kita benar dan
baik?
|
|
Buku sumber petunjuk permainan soft ball,dinas olah DKI
Jakarta,1996
Lapangan softball,pemukul,tiang penyanggah bola,sarung
tangan ,stop watch,pluit.
|
Kompetensi
dasar
|
Materi
pembelajaran
|
Kegiatan pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
waktu
|
Sumber
/alat
|
||
teknik
|
Bentuk instrumen
|
soal
|
||||||
1.3 Mempraktekkan keterampilan atlet dengan menggunakan
peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerja sama
,kejujuran,menghargai,semangat dan percaya diri.
|
LARI JARAK PENDEK
-teknik dasar start jongkok
-teknik berlari
-teknik memasuki garis finish
|
-melakukan latihan start jongkokpendek(short start)
--melakukan latihan atart jongkok menengah(medium start)
-melakukan latihan atart jongkok panjang(long start)
Menerapkan aba-aba :”bersedia,siap,yaa dalam melakukan
start.
-berlari dengan jangka pendek dengan frekuensi lambat dan
cepat.
-berlari dengan langkah panjang dengan frekuensi lambat dan
cepat.
-berlari dengan koordinasi ayunan lengan da langkah kaki.
-berlari melewati garis finish tanpa berubah kecepatan
-memasuki garis finish dengan membusungkan dada &
menunduk kepala kedepan.
|
-Melakukan teknik start jongkok yang benar
-Melakukan teknik berlari
-melakukan teknik memasuki garis finish
|
-Tes perbuatan
praktek
|
lari
lari
Lari
|
-bagaimana melakukan teknik start jongkok yang benar?
-apakah fungsi lari dengan frekuensi lambat dan cepat terhadap
tubuh?
-bagaimana posisi badan saat digaris finish?
|
|
Lapangan,pluit,stop
watch
|
Kompetensi
dasar
|
Materi
pembelajaran
|
Kegiatan pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
waktu
|
Sumber
/alat
|
||
teknik
|
Bentuk instrumen
|
soal
|
||||||
1.4 Mempraktekkan keterampilan salah satu cab.olahraga
bela diri serta nilai kerja sama
,kejujuran,menghargai,semangat dan percaya diri.
|
BELA DIRI
(pencak silat)
-sikap pasang tertutup
-sikap pasang terbuka
-sikap pasang dengan kombinasi kuda-kuda depan sejajar
-kuda-kuda badan berputar
-kuda-kuda tengah mengahadap dilanjutkan latihan teknik
pukulan dan tendangan
|
-setelah melakukan pemanasan siswa melakukan latihan
berbagai macam sikap pasang tertutup dan terbuka secara kalsikal
-secara klasikal melakukan latihan kuda-kuda dilanjutkan
latihan pukulan bayangan
-secara klasikal melakukan latihan kuda-kuda dilanjutkan
latihan pukulan dan tendangan menggunakan target.
|
-melakukan sikap pasang dengan benar
-melakukan berbagai teknik pukulan dengan baik dalam bela
diri
-melakukan brbagi teknik tendangan
|
-Tes perbuatan
|
-kuda-kuda
-pukulan
-tendangan
|
-bagaimana melakukan teknik kuda-kuda,pukulan,dan
tendangan yang benar?
|
|
Buku sumber;petunjuk olaharaga pencak silat”kategori
tanding dinas pemuda dan olahraga,DKI Jakarta,1996.
Pluit,stop watch,target pukulan dan tendangan.
|
Kepala Sekolah Guru
mata pelajaran
(………………….) (…………………….)
Standar kompetensi :2 .mempraktekken latihan
kebugaran jasmani dan cara mengukurnya sesuai
dengan kebutuhan nilai-nilai yang terkandung
didalam.
Kompetensi
dasar
|
Materi
pembelajaran
|
Kegiatan pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
waktu
|
Sumber
/alat
|
||
teknik
|
Bentuk instrumen
|
soal
|
||||||
2.1 Mempraktekkan latihan kekuatan ,kecepatan,daya tahan
dan kelentukan untuk kebugaran jasmani dalam bentuk sederhana serta nilai
tanggung jawad,disiplin dan percaya diri.
|
LATIHAN KEBUGARAN
JASMANI
-latihan kekuatan
-latihan kelenturan antara lain yang terdiri dari….
-
|
-melakukan berbagai bentuk latihan,dari:push up,sit
up,pull up…
-melakukan bentuk latihan kelenturan secara bergantian
dalam kelompoknya:gerakan cium lutut posisi berdiri,sikap kayang,back
up,peregangan muali dari leher sampai prgelangan kaki.
|
-Melakukan bergai bentuk latihan kekuatan untuk
mengembangkan kebugaran jasmani.
-melakukan bergai bentuk latihan kelenturan
|
-Tes perbuatan
-tes tertulis
|
Push up
Pull up
|
-bagian komponen anatomi yang manakah yang barkembang saat
lakukan push up dan pull up?
-mengumpulkan tugas individu
|
6x45’
|
Buku sumber; pendidikan jasmani dan kesehatan kelas
2,muhajir,Jakarta,erlangga,
1997
Pluit,stop watch,dan matras senam
|
Kompetensi
dasar
|
Materi
pembelajaran
|
Kegiatan pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
waktu
|
Sumber
/alat
|
||
teknik
|
Bentuk instrumen
|
soal
|
||||||
2.2Mempraktekkan tes kebuagaran jasmani serta nilai
tanggungjawab ,disiplin dan percaya diri.
|
LATIAHN KEBUGARAN
JASMANI
tes kebugaran jasmani SMA
|
-secara berkelompok mengadakan tes pengukuran komponen
kebugaran jasmaniyaitu :aspek kacepatan,kekuatan otot perut,daya tahan otot
lengan dan bahu.dilakukan secara bergantian ada yang tester dan testi.
-lari 60 muntuk kacepatan awal.
-sit up 1 menit untuk mengukur otot perut
-gantung sikut tekuk (wanita) untuk mengukur lama kekuatan
dan daya tahan otot lengan dan bahu dan juga pria dilakukan dam waktu 1menit.
-mencatat hasil pengukuran kebugaran pada lembar
pengamatan.
|
-melakukan
Tes pengukuran jasmani
-menerapkan ketelitian ,kesabaran ,keuletan,dan kecermatan
dalm pengolahan data.
|
-Tes perbuatan
-evaluasi
|
Lakukan seperti yang sudah tertera
|
-bagaimana pengukuran yang benar?
-diskusi dalam kelompok
|
|
Buku sumber;pendidikan jasmani kelas 1SMA ,Agus Mukholid,surakarta,yudhistira,2004
Pluit,stop watch,matras senam
|
Kompetensi
dasar
|
Materi
pembelajaran
|
Kegiatan pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
waktu
|
Sumber
/alat
|
||
teknik
|
Bentuk instrumen
|
soal
|
||||||
2.3 Mempraktekkan perawatan tubuh agar tetap segar
|
LATIHAN KEBUGARAN
JASMANI
-perawatan tubuh agar tetap bugar
|
-secara perorangan siswa diberikan tugas untuk membuat
rencana aktivitas jasmani yang memungkinkan dilkukan secara mandiri dirumah
|
-membiasakan melakukan aktivitas jasmani secara rutin
untuk memelihara kebugaran
-menunjuk perilaku sehat dalm kehidupan sehari-hari
|
-Tes perbuatan
|
-jogging pagi dan sore
-makan teratur
|
-buat daftar perbandingan keadaan tubuh saat olahraga pagi
dengan sore.
|
|
. Buku sumber;pendidikan jasmani kelas 1SMA ,Agus
Mukholid,surakarta,yudhistira,2004
Gambar jenis makanan dan minumanyang sehat serta bergizi
|
Kepala Sekolah Guru
mata pelajaran
(………………….) (…………………….)
Kompetensi
dasar
|
Materi
pembelajaran
|
Kegiatan pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
waktu
|
Sumber
/alat
|
||
teknik
|
Bentuk instrumen
|
soal
|
||||||
3.1 Mempraktekkan rangkaian senam lantai dengan
menggunakan bantuanserta nilai percaya diri ,kerjasama,tanggung jawab dan
menghargai teman.
|
SENAM LANTAI
Berguling kedepanmenggunakan bantuan peti lompat.
|
-setelah melakukan peregangan secara klasikal siswa
berlatih gerkan senam lantai tanpa alat seperti berguling kedepan dan
kebelakang sebagai pemanasan.
-secara bergantian siswa melakukan awalan dari atas peti
lompat.
-lakukan guling depan
-secara perorangan melakukan gerakan berguling kedepan
diatas peti dilanjutkan dengan latihan lecutan kedua kaki untuk mendarat
dimatras,dengan cara berdiri diatas peti dan tolakan kedua tangan saat posisi
condong kedepan,masukkan kepala diantara kedua lengan untuk bergulikng
kedepan,saat kaki akan menyentuh matras tolakan kedua kaki ,lalu lemparkan
kedua kaki kedepan untuk mendarat.
|
-melakukan rangkaian gerak senam menggunakan bantuan alat
|
-Tes perbuatan
-tes tertulis
|
Senam lantai
|
-gambarkan gerakan –gerakan senam lantai memakai alat?
-multichoise.
|
4x45’
|
. Buku sumber;pendidikan jasmani kelas 1SMA ,Agus
Mukholid,surakarta,yudhistira,2004
Matras senam lantai,peti lompat.
|
Kompetensi
dasar
|
Materi
pembelajaran
|
Kegiatan pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
waktu
|
Sumber
/alat
|
||
teknik
|
Bentuk instrumen
|
soal
|
||||||
3.2 mempraktekkan
rangkaian senam lantai tanpa alat serta nilai percaya diri,kerjasama
dan tanggungjawab
|
SENAM LANTAI
-berguling kedepan diawali sikap berdiri kaiki
rapat,dilanjutkan kedua telapak tangan menyentuh matras,kepala ditekuk
kedalam,lalu lakukan berguling kedepan dengan tumpuan pada tengkuk kedua kaki
rapat dan diakhiri dengan kembali berdiri tegak.
|
-setelah melakukan pemanasan dan peregangan,siswa
-melakukan latihan berguling kedepan dan belkang
secara bergantian di atas matras.di
antara siswa ada yang membantu mendorong punggung teman sebagai latihan awal
agar gerakan lebih mudah dilakukan
-setelah berlatih berguling dilanjutkan guling
-secara berpasangan siswa dilatih berdiri dengan kepala
dan berdi dengan kedua tangan,satu siswa membantu
|
-melakukan gerakan guling lenting
-melakukan kayang
-melakukan sikap berdiri dengan kepala
-melakukan sikap berdir dengan
kedua telapak tangan (handstand)
|
-Tes perbuatan
|
-stood
-handstand
-neckspring
|
-lakukan dengan gerakan yang benar
-bagaimana posisi tangan saat stood?
|
|
Buku paket pendidikan jasmani ,Agus Mukholid,kelas x,surakarta,yudhistitra,2004
Matras senam lantai
|
Kepala
Sekolah Guru
mata pelajaran
(………………….) (…………………….)
Standar kompetensi : 4. Mempraktekan aktivitas ritmik tanpa
alat dengan koordinasi yang baik dan nilai-nilai
yang terkandung didalamnya
Kompetensi
dasar
|
Materi
pembelajaran
|
Kegiatan pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
waktu
|
Sumber
/alat
|
||
teknik
|
Bentuk instrumen
|
soal
|
||||||
4.1 mempraktikan keterampilan
gerak dasar langka dan lompat pada aktifitas ritmik tanpa alat, serta nilai
tanggungjawab, disiplin, percaya diri,
dan keluwesan.
|
GERAK RITMIK
-rangkaian gerak dasar
langka.
-rangkaian gerak dasar
melompat.
|
-secara klasikal berlatih gerak dasar langkah
ditempat,melangkah kanan kekiri,maju mundur,melangkah silang depan pada senam
irama mengikuti contoh yang diberikan.
-secara berkelompok siswa memodifikasi hasil latihan gerak
dasar lompat untuk menghasilkan rangkaian langkah senam irama.
-secara klasikal berlatih gerak dasar melompat pada senam
irama dengan mengikuti contoh yang diberikan.
|
-melakukan gerakan dasarlangka
pada aktifitas ritmik tanpa alat.
-melakukan gerakan dasar
lompat pada aktifitas ritmik tanpa alat.
-melakukan rangakaian gerak
dasar langkah dan lompat pada aktivitas ritmik tanpa alat.
|
Tes perbuatan
Tes tulisan
|
Senam dasar
essay
|
-bagaimana cara melakukan gerak senam yang baik?
|
4x45’
|
-Buku sumber
Petunjuk kesegaran jasmani
2000, dinas pemuda dan olahraga, DKI Jakarta,2000.
matras senam lantai,
|
Kompetensi
dasar
|
Materi
pembelajaran
|
Kegiatan pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
waktu
|
Sumber
/alat
|
||
teknik
|
Bentuk instrumen
|
soal
|
||||||
4.2 mempraktikan keterampilan
gerak dasar ayunan lengan pada
aktifitas ritmik tanpa ala dengan koordinasi gerak yang benar, serta nilai
tanggungjawab, disiplin, percaya diri,
dan keluwesan.
|
GERAK RITMIK
-rangkaian gerak dasar ayunan
lengan pada senanm ritmik menggunakan pita atau tali.
-rangkaian gerak dasar
melompat.
|
-secara klasikal berlatih
gerak dasar ayuanan lengan pada aktivitas ritmik dengan menggunakan
tali atau pita,diawali dengan cara memegang tali ,ayunan dimulaii dari bahu
kemudian kepergelangan,kedua kaki lurus melompat keatas ,gerakan harus ringan
,tanpa suara saat mendarat(mengeper)lompatan tidak terlalu tinggi.
-secara berkelompok siswa memodifikasi hasil latihan gerak
dasar ayunan lengan untuk menghasilkan
rangkaian langkah senam irama.
|
-melakukan gerakan dasar
ayunan tangan pada aktifitas ritmik tanpa alat.
-melakukan gerakan dasar
ayunan lengan pada aktifitas ritmik tanpa alat.
|
Tes perbuatan
|
Senam dasar
|
-bagaimana posisi lengan saat mengayunkan lengan pada
senam?
|
|
-Buku paket pendidikan jasmani,Agus Mukholid,untuk kelas
x,surakarta,yudhistira,2004
Tali atau pita
|
Kepala Sekolah Guru
mata pelajaran
(………………….) (…………………….)
Standar kompetensi : 5. mempraktikan salah satu gaya renang dan loncat
indah sederhana dan
nilai- nilai
yang terkandung didalamnya.
Kompetensi
dasar
|
Materi
pembelajaran
|
Kegiatan pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
waktu
|
Sumber
/alat
|
||
teknik
|
Bentuk instrumen
|
soal
|
||||||
5.1 mempraktikan keterampilan
tehnik dasar salah satu gaya
renang serta nilai disiplin, keberanian,tanggung jawab,dan kerja keras.
|
RENANG GAYA
BEBAS
-teknik dasar
Mengapung
-teknik dasar meluncur
-teknik dasar gerakan kaki
|
-mengapung sambil berpegangan dipinggir kolam
-mengapung dengan menggerak-gerakkan lengan dan tungkai
-melakukan gerakan meluncur
-melakukan gerakan kaki dipinggir kolam
|
-melakukan tekink mengapung di air
-melakukan teknik meluncur
-melakukan gerakan tungkai gaya bebas
|
Tes perbuatan
|
-meluncur
-mengapung
|
-bagaimana posisi badan saat meluncur dan mengapung?
|
4X45’
|
-Buku paket pendidikan jasmani,Agus Mukholid,untuk kelas
x,surakarta,yudhistira,2004
Stop watch,pluit
|
Kompetensi
dasar
|
Materi
pembelajaran
|
Kegiatan pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
waktu
|
Sumber
/alat
|
||
teknik
|
Bentuk instrumen
|
soal
|
||||||
5.2 mempraktikan keterampilan
tehnik dasar loncat indah sederhana
dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
|
LONCAT INDAH
-teknik dasar
Loncat indah
|
-secara bergantian berlatih loncat dari pinggir kolam
dengan posisi jongkok ,
-berlatih loncat dari pinggir kolam dari posisi berdiri
dengan badan agak dibungkukkan dilanjutkan loncat didalam air
|
-melakukan teknik loncat indah dari posisi jongkok
dipinggir kolam
-melakukan teknik loncat dari posisi berdiri dipinggir
kolam
|
Tes perbuatan
Tes lisan
|
loncat
|
-bagaimana cara melakukan dasar loncat indah yang benar?
|
|
-Buku sumber belajar renang
(you can swim)
David haller,bandung,pionir jaya,1982
Kolam renang,pelampung,
Stop watch, pluit, kaca mata
renang.
|
Kepala Sekolah Guru
matpelajaran
(………………….) (……………………….)
Standar kompetensi :
6. mempraktikkan perencanaan penjelajahan dan penyelamatan aktivitas di alam bebas
dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
Kompetensi
dasar
|
Materi
pembelajaran
|
Kegiatan pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
waktu
|
Sumber
/alat
|
||
teknik
|
Bentuk instrumen
|
soal
|
||||||
6.1 mempraktikan keterampilan
dasar-dasar kegiatan menjelajah pantai serta nilai disiplin,
keberanian,tanggung jawab,kerja sama, toleransi, tolong menolong,melaksanakan
keputusan kelompokdan kerja keras.
|
PENJELAHAN PANTAI
-ketrampilan dasar
penjelajahan pantai
-prinsip-prinsip penjelajahan pantai: menari dan
menantang, aman dan sehat
|
-siswa dibagi dalam
beberapa kelompok yang setiap kelompok 4-5 orang sebelum diberikan tugas
pengamatan ke pantai
- mengidentifikasikan kebutuhan peralatan selama melakukan
penjelajahan pantai,dilanjutkan latihan packing perlengkapan.
-dengan dipandu guru pembimbing atau volunteer siswa
melakukan penjelajahan pantai selama 2 hari dengan menerapkan prinsip-prinsip
yang benar
|
-Memilih lokasi yang aman dan nyaman
-Menggunakan peralatan sesuai kebutuhan
-menelusuri pantai
-menerapkan prinsip dasar di pantai
|
Tes perbuatan
|
Pengamatan dan penelitian
|
-buat laporan daripada pengamatan yang sudah dilakukan di
pantai yang dikunjungi?
|
6X45’
|
Pendidikan jasmani, kelas 1
SMA, agus mukholid, bandung
yudistira, 2004
Stop watch, pluit,
ransel, tenda, bambu, perlengkapan
makanan dan masak
|
Kompetensi
dasar
|
Materi
pembelajaran
|
Kegiatan pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
waktu
|
Sumber
/alat
|
||
teknik
|
Bentuk instrumen
|
soal
|
||||||
6.2 mempraktikan keterampilan
dasar penyelamatan kegiatan penjelajah di pantai serta nilai disiplin,
keberanian,tanggung jawab,kerja sama, toleransi, tolong menolong,melaksanakan
keputusan kelompokdan kerja keras.
|
PENJELAHAN PANTAI
-ketrampilan dasar penyelamatan pada penjelajahan pantai
-prosedur penyelamatan
korban, meringankan penderitaan korban, mempertahankan daya tahan korban.
-prinsip-prinsip : brsikap tenang, oerhatikan pernapasan
korban.
|
-setelah dibagi
dalam beberapa kelompok ,siswa berlatih penyelamatan dipantai dengan
pembagian tugas ada yang menjadi SRU,dan ada yang menjadi korban dengan
langkah –langkah penyelamatan kecelakaan di pantai terdiri dari :
|
-melkukan langkah-langkah awal penyelamatan
-mematuhi prinsipdan peraturan penyelamatan
-memperagakan keterampilan penyelamatan kecelakaan
dipantai
|
Tes perbuatan
Tes lisan
|
Memperagakan penyelamatan
|
-didalam melakukan penyelamatan,apa saja langkah-langkah
yang harus dilakukan?
|
|
Pendidikan jasmani, kelas 1
SMA, agus mukholid, bandung
yudistira, 2004
Stop watch, pluit,
ransel, tenda, bambu, perlengkapan
makanan dan masak
|
Kepala Sekolah Guru
matpelajaran
(……………………..) (……………………….)
Standar kompetensi :
7. menerapkan budaya hidup sehat
Kompetensi
dasar
|
Materi
pembelajaran
|
Kegiatan pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
waktu
|
Sumber
/alat
|
||
teknik
|
Bentuk instrumen
|
soal
|
||||||
7.1 menganalisis bahaya
penyala gunaan narkoba
|
-NARKOBA
-bahaya penyalagunaan narkoba
-jenis-jenis narkotika
-Dampak penyalagunaan narkoba
|
-secara kelompok siswa
mencari informasi tentangg bahay penyalagunaannarkoba melalui majalah,koran
,tv,dan internet
-membuat laporan hasil kerja tentang narkoba
,mis:ganja,morphin,opium,kokain,jenis-jenis obat terlarang;obat perrangsang
syaraf,LSD,madarax.dll
-mempresentasikan hasil kerja kelompok
-menyimak klarifikasi informasi tentang bahaya
penyalgunaan narkoba,mis: ketagihan,berteriak-teriak,merintih,kerusakan pada
organ tubuh,jiwa tertekan,sakit jiwa,akhirnya kematian.
|
-mengklasifikasikan jenis-jenis nnarkoba yang sering
disalahhgunakan
-mengidentifikasikan perilaku yang mudah terpengaruh untuk
melakukan tindakan penyalahgunaan
narkoba
-mengidentifikasikan bahaya-bahaya dari penyalagunaan
narkoba
|
Tes perbuatan
Tes perbuatan
|
Laporan kegiatan
|
-buat laporan.
|
4X45’
|
VCD presentasi narkoba dan BNN
|
Kompetensi
dasar
|
Materi
pembelajaran
|
Kegiatan pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
waktu
|
Sumber
/alat
|
||
teknik
|
Bentuk instrumen
|
soal
|
||||||
7.2 memahami berbagai peraturan
perundang undangan tentang narkoba
|
-NARKOBA
-perundang-undangan narkoba
-penyalagunaan nnarkoba
bertentangan dengan UU RI no.9 tahun 1976 tentang pemanfaatan narkoba untuk
pengobatan dan ilmu pengetahuan sebaliknya jika disalahgunakan mengakibatkan
kketagihan dan sanksi hokum yang tegas.
|
-secara berkelompok siswa mencari informasi tentang
perundangan narkoba melalui majalah,Koran ,tv,dan internet.
-membuat laporan hasil kerja merek tentang perundangan
narkoba.
|
-mengkategorisasikan peraturan perundangan tentang narkoba
|
|
Laporan kegiatan
|
-buat laporan.
|
|
VCD presentasi narkoba dan BNN
|
0 komentar:
Posting Komentar