Sabtu, 07 September 2013

SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN





Nama Sekolah                       : SMA
Mata Pelajaran                      :PEND.JASMANI ,OLAHRAGA DAN KESEHATAN
Kelas/Semester                       : X/1
Standar Kompetensi             : 1.Mepraktekkan berbagai ketermpilan permainan olaharaga dalam bentuk                                                 sederhana dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.

Kompetensi
dasar
Materi
pembelajaran
Kegiatan pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
waktu
Sumber
/alat
teknik
Bentuk instrumen
soal
1.1Mempraktekkan keterampilan bermain salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar serta nilai kerja sama ,kejujuran,menghargai,semangat dan percaya diri.
SEPAKBOLA
-teknik menendang bola menggunakan kaki bagian dalam,punggung kaki .










BASKET
-menendang bola menggunakan kaki bagian dalam,punggung kaki dan kaki bagian luar dengan teknik yang benar secara berpasangan.



-menendang bola menggunakan kaki bagian dalam,punggung kaki dan kaki bagian luar dengan teknik yang benar secara berkelompok.



-melakukan permainan bola basket hanya menggunakan passing secara berkelompok.
-menendang bola mengggunakan kaki bagian dalam degan teknik yang benar.

-menendang bola menggunakan punggung kaki dengan teknik yang benar.

-bermain bola basket dengan peraturan dimofikasi
-Tes perbuatan








-Operan bola
-ribling






-ribling








-Chess pass dan bound pass
-bagaimana posisi kaki tumpuan saat menendang bola dengan kaki bagian dalam?




-bagaimana cara menggunakan punggung kaki dengan lakukan ribling?




-bagaimana melakukan passing chess pass & bound pass yang benar?
8x45
Buku sumber latihan sepak bola metode baru,eric c.batty,pionir jaya,bandung



Lapangan sepak bola,bola,pluit,corong,stop watch.




Lapangan basket,bola,pluit.



Kompetensi
dasar
Materi
pembelajaran
Kegiatan pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
waktu
Sumber
/alat
teknik
Bentuk instrumen
soal
1.2 Mempraktekkan keterampilan bermain salah satu permainan dan olahraga beregu bola kecil dengan menggunakan alatdan peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerja sama ,kejujuran,menghargai,semangat dan percaya diri.
PERMAINAN SOFTBALL/BASEBALL
-teknik melempar
-teknik menangkap
-teknik memukul bola
-melambungkan bola menggunakan satu tangan kesasaran yang
ditempelkan.

-melambungkan bola menggunakan satu tangan kepasangan






-setelah pemanasan siswa
secara berpasangan melakukan latihan memegang bola dilanjutkan melmpar(atas,samping,bawah)dan menangkap bola dari arah gulir tanah ,melmbung dan datar lurus.






-melakukan teknik melambungkan bola

-melakukan teknik melambungkan bola dengan benar



-melakukan teknik meenangkap bola dengan benar
-Tes perbuatan



-praktek








-praktek
-operan dengan melempar


-operan melmbung







-bentuk tangkapan



-bagaimana melakukan teknik melempar bola yang benar?

-bagaimana melakukan teknik melambungkan bola yang benar?





-apa yang kita lakukan supaya tangkapan kita benar dan baik?



Buku sumber petunjuk permainan soft ball,dinas olah DKI Jakarta,1996


Lapangan softball,pemukul,tiang penyanggah bola,sarung tangan ,stop watch,pluit.








Kompetensi
dasar
Materi
pembelajaran
Kegiatan pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
waktu
Sumber
/alat
teknik
Bentuk instrumen
soal
1.3 Mempraktekkan keterampilan atlet dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerja sama ,kejujuran,menghargai,semangat dan percaya diri.
LARI JARAK PENDEK
-teknik dasar start jongkok
-teknik berlari
-teknik memasuki garis finish
-melakukan latihan start jongkokpendek(short start)
--melakukan latihan atart jongkok menengah(medium start)
-melakukan latihan atart jongkok panjang(long start)
Menerapkan aba-aba :”bersedia,siap,yaa dalam melakukan start.

-berlari dengan jangka pendek dengan frekuensi lambat dan cepat.
-berlari dengan langkah panjang dengan frekuensi lambat dan cepat.
-berlari dengan koordinasi ayunan lengan da langkah kaki.

-berlari melewati garis finish tanpa berubah kecepatan
-memasuki garis finish dengan membusungkan dada & menunduk kepala kedepan.
-Melakukan teknik start jongkok yang benar









-Melakukan teknik berlari







-melakukan teknik memasuki garis finish
-Tes perbuatan











praktek

lari












lari









Lari
-bagaimana melakukan teknik start jongkok yang benar?









-apakah fungsi lari dengan frekuensi lambat dan cepat terhadap tubuh?






-bagaimana posisi badan saat digaris finish?






 Lapangan,pluit,stop watch






























Kompetensi
dasar
Materi
pembelajaran
Kegiatan pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
waktu
Sumber
/alat
teknik
Bentuk instrumen
soal
1.4 Mempraktekkan keterampilan salah satu cab.olahraga bela diri  serta nilai kerja sama ,kejujuran,menghargai,semangat dan percaya diri.
BELA DIRI
(pencak silat)
-sikap pasang tertutup
-sikap pasang terbuka
-sikap pasang dengan kombinasi kuda-kuda depan sejajar
-kuda-kuda badan berputar
-kuda-kuda tengah mengahadap dilanjutkan latihan teknik pukulan dan tendangan
-setelah melakukan pemanasan siswa melakukan latihan berbagai macam sikap pasang tertutup dan terbuka secara kalsikal

-secara klasikal melakukan latihan kuda-kuda dilanjutkan latihan pukulan bayangan

-secara klasikal melakukan latihan kuda-kuda dilanjutkan latihan pukulan dan tendangan menggunakan target.




-melakukan sikap pasang dengan benar


-melakukan berbagai teknik pukulan dengan baik dalam bela diri

-melakukan brbagi teknik tendangan







-Tes perbuatan













-kuda-kuda
-pukulan
-tendangan























-bagaimana melakukan teknik kuda-kuda,pukulan,dan tendangan yang benar?

















Buku sumber;petunjuk olaharaga pencak silat”kategori tanding dinas pemuda dan olahraga,DKI Jakarta,1996.

Pluit,stop watch,target pukulan dan tendangan.








Kepala Sekolah                                                                                  Guru mata pelajaran                   
                                             


                                           (………………….)                                                                                      (…………………….)


Standar kompetensi              :2 .mempraktekken latihan kebugaran jasmani dan cara mengukurnya sesuai                                                             dengan  kebutuhan nilai-nilai yang terkandung didalam.

Kompetensi
dasar
Materi
pembelajaran
Kegiatan pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
waktu
Sumber
/alat
teknik
Bentuk instrumen
soal
2.1 Mempraktekkan latihan kekuatan ,kecepatan,daya tahan dan kelentukan untuk kebugaran jasmani dalam bentuk sederhana serta nilai tanggung jawad,disiplin dan percaya diri.
LATIHAN KEBUGARAN JASMANI
-latihan kekuatan






-latihan kelenturan antara lain yang terdiri dari….






-
-melakukan berbagai bentuk latihan,dari:push up,sit up,pull up…








-melakukan bentuk latihan kelenturan secara bergantian dalam kelompoknya:gerakan cium lutut posisi berdiri,sikap kayang,back up,peregangan muali dari leher sampai prgelangan kaki.
-Melakukan bergai bentuk latihan kekuatan untuk mengembangkan kebugaran jasmani.

-melakukan bergai bentuk latihan kelenturan
-Tes perbuatan





-tes tertulis













Push up
Pull up





















-bagian komponen anatomi yang manakah yang barkembang saat lakukan push up dan pull up?

-mengumpulkan tugas individu













6x45’
Buku sumber; pendidikan jasmani dan kesehatan kelas 2,muhajir,Jakarta,erlangga,
1997

Pluit,stop watch,dan matras senam















Kompetensi
dasar
Materi
pembelajaran
Kegiatan pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
waktu
Sumber
/alat
teknik
Bentuk instrumen
soal
2.2Mempraktekkan tes kebuagaran jasmani serta nilai tanggungjawab ,disiplin dan percaya diri.
LATIAHN KEBUGARAN JASMANI

tes kebugaran jasmani SMA




-secara berkelompok mengadakan tes pengukuran komponen kebugaran jasmaniyaitu :aspek kacepatan,kekuatan otot perut,daya tahan otot lengan dan bahu.dilakukan secara bergantian ada yang tester dan testi.
-lari 60 muntuk kacepatan awal.
-sit up 1 menit untuk mengukur otot perut
-gantung sikut tekuk (wanita) untuk mengukur lama kekuatan dan daya tahan otot lengan dan bahu dan juga pria dilakukan dam waktu 1menit.
-mencatat hasil pengukuran kebugaran pada lembar pengamatan.
-melakukan  
Tes pengukuran jasmani

-menerapkan ketelitian ,kesabaran ,keuletan,dan kecermatan dalm pengolahan data.








-Tes perbuatan




-evaluasi








Lakukan seperti yang sudah tertera





















-bagaimana pengukuran yang benar?



-diskusi dalam kelompok











Buku sumber;pendidikan jasmani kelas 1SMA ,Agus Mukholid,surakarta,yudhistira,2004

Pluit,stop watch,matras senam















Kompetensi
dasar
Materi
pembelajaran
Kegiatan pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
waktu
Sumber
/alat
teknik
Bentuk instrumen
soal
2.3 Mempraktekkan perawatan tubuh agar tetap segar
LATIHAN KEBUGARAN JASMANI
-perawatan tubuh agar tetap bugar
-secara perorangan siswa diberikan tugas untuk membuat rencana aktivitas jasmani yang memungkinkan dilkukan secara mandiri dirumah
-membiasakan melakukan aktivitas jasmani secara rutin untuk memelihara kebugaran

-menunjuk perilaku sehat dalm kehidupan sehari-hari






-Tes perbuatan













-jogging pagi dan sore
-makan teratur





















-buat daftar perbandingan keadaan tubuh saat olahraga pagi dengan sore.
















. Buku sumber;pendidikan jasmani kelas 1SMA ,Agus Mukholid,surakarta,yudhistira,2004

Gambar jenis makanan dan minumanyang sehat serta bergizi








Kepala Sekolah                                                                                  Guru mata pelajaran

                                             (………………….)                                                                                                                                (…………………….)


Kompetensi
dasar
Materi
pembelajaran
Kegiatan pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
waktu
Sumber
/alat
teknik
Bentuk instrumen
soal
3.1 Mempraktekkan rangkaian senam lantai dengan menggunakan bantuanserta nilai percaya diri ,kerjasama,tanggung jawab dan menghargai teman.
SENAM LANTAI
Berguling kedepanmenggunakan bantuan peti lompat.
-setelah melakukan peregangan secara klasikal siswa berlatih gerkan senam lantai tanpa alat seperti berguling kedepan dan kebelakang sebagai pemanasan.
-secara bergantian siswa melakukan awalan dari atas peti lompat.
-lakukan guling depan
-secara perorangan melakukan gerakan berguling kedepan diatas peti dilanjutkan dengan latihan lecutan kedua kaki untuk mendarat dimatras,dengan cara berdiri diatas peti dan tolakan kedua tangan saat posisi condong kedepan,masukkan kepala diantara kedua lengan untuk bergulikng kedepan,saat kaki akan menyentuh matras tolakan kedua kaki ,lalu lemparkan kedua kaki kedepan untuk mendarat.
-melakukan rangkaian gerak senam menggunakan bantuan alat








-Tes perbuatan





-tes tertulis







Senam lantai




















-gambarkan gerakan –gerakan senam lantai memakai alat?



-multichoise.









4x45’
. Buku sumber;pendidikan jasmani kelas 1SMA ,Agus Mukholid,surakarta,yudhistira,2004

Matras senam lantai,peti lompat.









Kompetensi
dasar
Materi
pembelajaran
Kegiatan pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
waktu
Sumber
/alat
teknik
Bentuk instrumen
soal
3.2 mempraktekkan  rangkaian senam lantai tanpa alat serta nilai percaya diri,kerjasama dan tanggungjawab
SENAM  LANTAI
-berguling kedepan diawali sikap berdiri kaiki rapat,dilanjutkan kedua telapak tangan menyentuh matras,kepala ditekuk kedalam,lalu lakukan berguling kedepan dengan tumpuan pada tengkuk kedua kaki rapat dan diakhiri dengan kembali berdiri tegak.
-setelah melakukan pemanasan dan peregangan,siswa
-melakukan latihan berguling kedepan dan belkang secara  bergantian di atas matras.di antara siswa ada yang membantu mendorong punggung teman sebagai latihan awal agar gerakan lebih mudah dilakukan
-setelah berlatih berguling dilanjutkan guling
-secara berpasangan siswa dilatih berdiri dengan kepala dan berdi dengan kedua tangan,satu siswa membantu
-melakukan gerakan guling lenting
-melakukan kayang
-melakukan sikap berdiri dengan kepala
-melakukan sikap berdir dengan kedua telapak tangan (handstand)







-Tes perbuatan













-stood
-handstand
-neckspring




















-lakukan dengan gerakan yang benar



-bagaimana posisi tangan saat stood?














Buku paket pendidikan jasmani ,Agus Mukholid,kelas x,surakarta,yudhistitra,2004

Matras senam lantai








                                                Kepala Sekolah                                                                                  Guru mata pelajaran

                                             (………………….)                                                                                                                                (…………………….)           
Standar kompetensi                          : 4. Mempraktekan aktivitas ritmik tanpa alat dengan koordinasi yang baik dan                                                              nilai-nilai yang terkandung didalamnya

Kompetensi
dasar
Materi
pembelajaran
Kegiatan pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
waktu
Sumber
/alat
teknik
Bentuk instrumen
soal
4.1 mempraktikan keterampilan gerak dasar langka dan lompat pada aktifitas ritmik tanpa alat, serta nilai tanggungjawab, disiplin,  percaya diri, dan keluwesan.

GERAK RITMIK

-rangkaian gerak dasar langka.

-rangkaian gerak dasar melompat.

-secara klasikal berlatih gerak dasar langkah ditempat,melangkah kanan kekiri,maju mundur,melangkah silang depan pada senam irama mengikuti contoh yang diberikan.
-secara berkelompok siswa memodifikasi hasil latihan gerak dasar lompat untuk menghasilkan rangkaian langkah senam irama.
-secara klasikal berlatih gerak dasar melompat pada senam irama dengan mengikuti contoh yang diberikan.

-melakukan gerakan dasarlangka pada aktifitas ritmik tanpa alat.

-melakukan gerakan dasar lompat pada aktifitas ritmik tanpa alat.
-melakukan rangakaian gerak dasar langkah dan lompat pada aktivitas ritmik tanpa alat.





Tes perbuatan






Tes  tulisan



Senam dasar







essay










-bagaimana cara melakukan gerak senam yang baik?











4x45’
-Buku sumber
Petunjuk kesegaran jasmani 2000, dinas pemuda dan olahraga, DKI Jakarta,2000.

matras senam lantai,









Kompetensi
dasar
Materi
pembelajaran
Kegiatan pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
waktu
Sumber
/alat
teknik
Bentuk instrumen
soal
4.2 mempraktikan keterampilan gerak dasar ayunan lengan  pada aktifitas ritmik tanpa ala dengan koordinasi gerak yang benar, serta nilai tanggungjawab, disiplin,  percaya diri, dan keluwesan.

GERAK RITMIK

-rangkaian gerak dasar ayunan lengan pada senanm ritmik menggunakan pita atau tali.

-rangkaian gerak dasar melompat.

-secara klasikal berlatih  gerak dasar ayuanan lengan pada aktivitas ritmik dengan menggunakan tali atau pita,diawali dengan cara memegang tali ,ayunan dimulaii dari bahu kemudian kepergelangan,kedua kaki lurus melompat keatas ,gerakan harus ringan ,tanpa suara saat mendarat(mengeper)lompatan tidak terlalu tinggi.
-secara berkelompok siswa memodifikasi hasil latihan gerak dasar ayunan lengan  untuk menghasilkan rangkaian langkah senam irama.

-melakukan gerakan dasar ayunan tangan pada aktifitas ritmik tanpa alat.

-melakukan gerakan dasar ayunan lengan pada aktifitas ritmik tanpa alat.




Tes perbuatan










Senam dasar

















-bagaimana posisi lengan saat mengayunkan lengan pada senam?












-Buku paket pendidikan jasmani,Agus Mukholid,untuk kelas x,surakarta,yudhistira,2004

Tali atau pita








                                                            Kepala Sekolah                                                                                  Guru mata pelajaran

                                                     (………………….)                                                                                                                                    (…………………….)           


Standar kompetensi                          : 5. mempraktikan salah satu gaya renang dan loncat indah sederhana dan nilai-                                                             nilai yang terkandung didalamnya.


Kompetensi
dasar
Materi
pembelajaran
Kegiatan pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
waktu
Sumber
/alat
teknik
Bentuk instrumen
soal
5.1 mempraktikan keterampilan tehnik dasar salah satu gaya renang serta nilai disiplin, keberanian,tanggung jawab,dan kerja keras.

RENANG GAYA BEBAS

-teknik dasar
Mengapung
-teknik dasar meluncur
-teknik dasar gerakan kaki
-mengapung sambil berpegangan dipinggir kolam
-mengapung dengan menggerak-gerakkan lengan dan tungkai
-melakukan gerakan meluncur
-melakukan gerakan kaki dipinggir kolam
-melakukan tekink mengapung di air
-melakukan teknik meluncur
-melakukan gerakan tungkai gaya bebas


Tes perbuatan










-meluncur
-mengapung














-bagaimana posisi badan saat meluncur dan mengapung?










4X45’
-Buku paket pendidikan jasmani,Agus Mukholid,untuk kelas x,surakarta,yudhistira,2004

Stop watch,pluit


















Kompetensi
dasar
Materi
pembelajaran
Kegiatan pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
waktu
Sumber
/alat
teknik
Bentuk instrumen
soal
5.2 mempraktikan keterampilan tehnik dasar loncat  indah sederhana dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.

LONCAT INDAH
-teknik dasar
Loncat indah
-secara bergantian berlatih loncat dari pinggir kolam dengan posisi jongkok ,
-berlatih loncat dari pinggir kolam dari posisi berdiri dengan badan agak dibungkukkan dilanjutkan loncat didalam air
-melakukan teknik loncat indah dari posisi jongkok dipinggir kolam
-melakukan teknik loncat dari posisi berdiri dipinggir kolam

Tes perbuatan






Tes lisan



loncat














-bagaimana cara melakukan dasar loncat indah yang benar?











-Buku sumber belajar renang (you can swim)
David haller,bandung,pionir jaya,1982

Kolam renang,pelampung,
Stop watch, pluit, kaca mata renang.






                                               

                                                            Kepala Sekolah                                                                                  Guru matpelajaran

                                                     (………………….)                                                                                    (……………………….)








Standar kompetensi              : 6. mempraktikkan perencanaan penjelajahan dan penyelamatan aktivitas di alam                                                          bebas dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.


Kompetensi
dasar
Materi
pembelajaran
Kegiatan pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
waktu
Sumber
/alat
teknik
Bentuk instrumen
soal
6.1 mempraktikan keterampilan dasar-dasar kegiatan menjelajah pantai serta nilai disiplin, keberanian,tanggung jawab,kerja sama, toleransi, tolong menolong,melaksanakan keputusan kelompokdan kerja keras.

PENJELAHAN PANTAI
-ketrampilan dasar penjelajahan pantai

-prinsip-prinsip penjelajahan pantai: menari dan menantang, aman dan sehat
 -siswa dibagi dalam beberapa kelompok yang setiap kelompok 4-5 orang sebelum diberikan tugas pengamatan ke pantai
- mengidentifikasikan kebutuhan peralatan selama melakukan penjelajahan pantai,dilanjutkan latihan packing perlengkapan.
-dengan dipandu guru pembimbing atau volunteer siswa melakukan penjelajahan pantai selama 2 hari dengan menerapkan prinsip-prinsip yang benar
-Memilih lokasi yang aman dan nyaman
-Menggunakan peralatan sesuai kebutuhan
-menelusuri pantai
-menerapkan prinsip dasar di pantai

Tes perbuatan










Pengamatan dan penelitian











-buat laporan daripada pengamatan yang sudah dilakukan di pantai yang dikunjungi?









6X45’
Pendidikan jasmani, kelas 1 SMA, agus mukholid, bandung yudistira, 2004

Stop watch, pluit,  ransel, tenda, bambu, perlengkapan  makanan dan masak













Kompetensi
dasar
Materi
pembelajaran
Kegiatan pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
waktu
Sumber
/alat
teknik
Bentuk instrumen
soal
6.2 mempraktikan keterampilan dasar penyelamatan kegiatan penjelajah di pantai serta nilai disiplin, keberanian,tanggung jawab,kerja sama, toleransi, tolong menolong,melaksanakan keputusan kelompokdan kerja keras.

PENJELAHAN PANTAI
-ketrampilan dasar  penyelamatan pada penjelajahan pantai

-prosedur penyelamatan korban, meringankan penderitaan korban, mempertahankan daya tahan korban.

-prinsip-prinsip : brsikap tenang, oerhatikan pernapasan korban.
 -setelah dibagi dalam beberapa kelompok ,siswa berlatih penyelamatan dipantai dengan pembagian tugas ada yang menjadi SRU,dan ada yang menjadi korban dengan langkah –langkah penyelamatan kecelakaan di pantai terdiri dari :
  • Briefing pencarian
  • Pemberangkatan SRU menuju area pencarian
  • Pelaksanaan pencarian
  • Penarikan SRU kepangkalan
  • Briefing SRU
-melkukan langkah-langkah awal penyelamatan
-mematuhi prinsipdan peraturan penyelamatan
-memperagakan keterampilan penyelamatan kecelakaan dipantai
Tes perbuatan






Tes lisan



Memperagakan penyelamatan









-didalam melakukan penyelamatan,apa saja langkah-langkah yang harus dilakukan?









Pendidikan jasmani, kelas 1 SMA, agus mukholid, bandung yudistira, 2004

Stop watch, pluit,  ransel, tenda, bambu, perlengkapan  makanan dan masak





                                                            Kepala Sekolah                                                                                  Guru matpelajaran

                                                     (……………………..)                                                                               (……………………….)




Standar kompetensi              : 7. menerapkan budaya hidup sehat

Kompetensi
dasar
Materi
pembelajaran
Kegiatan pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
waktu
Sumber
/alat
teknik
Bentuk instrumen
soal
7.1 menganalisis bahaya penyala gunaan narkoba
-NARKOBA

-bahaya penyalagunaan narkoba
-jenis-jenis narkotika













-Dampak penyalagunaan narkoba
 -secara kelompok siswa mencari informasi tentangg bahay penyalagunaannarkoba melalui majalah,koran ,tv,dan internet
-membuat laporan hasil kerja tentang narkoba ,mis:ganja,morphin,opium,kokain,jenis-jenis obat terlarang;obat perrangsang syaraf,LSD,madarax.dll







-mempresentasikan hasil kerja kelompok
-menyimak klarifikasi informasi tentang bahaya penyalgunaan narkoba,mis: ketagihan,berteriak-teriak,merintih,kerusakan pada organ tubuh,jiwa tertekan,sakit jiwa,akhirnya kematian.
-mengklasifikasikan jenis-jenis nnarkoba yang sering disalahhgunakan
-mengidentifikasikan perilaku yang mudah terpengaruh untuk melakukan  tindakan penyalahgunaan narkoba
-mengidentifikasikan bahaya-bahaya dari penyalagunaan narkoba

Tes perbuatan



















Tes perbuatan
Laporan kegiatan




















-buat laporan.








4X45’
VCD presentasi narkoba dan BNN









Kompetensi
dasar
Materi
pembelajaran
Kegiatan pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
waktu
Sumber
/alat
teknik
Bentuk instrumen
soal
7.2 memahami berbagai peraturan perundang undangan tentang narkoba
-NARKOBA

-perundang-undangan narkoba

-penyalagunaan nnarkoba bertentangan dengan UU RI no.9 tahun 1976 tentang pemanfaatan narkoba untuk pengobatan dan ilmu pengetahuan sebaliknya jika disalahgunakan mengakibatkan kketagihan dan sanksi hokum yang tegas.

-secara berkelompok siswa mencari informasi tentang perundangan narkoba melalui majalah,Koran ,tv,dan internet.
-membuat laporan hasil kerja merek tentang perundangan narkoba.
-mengkategorisasikan peraturan perundangan tentang narkoba










Laporan kegiatan













-buat laporan.









VCD presentasi narkoba dan BNN







0 komentar:

Posting Komentar