RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Madrasah :
MA PPMI Assalaam
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : X / 1
Pertemuan Ke : ……………….……………….……………….
Alokasi Waktu :
…..……………….……………….……………
A. Kompetensi Dasar
1.1
Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan
dan olahraga beregu bola besar serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai
semangat dan percaya diri.
B. Indikator
-
Mengenal bola
-
Menendang bola
-
Menghentikan bola / mengontrol bola
-
Menggiring bola
-
Melempar bola
-
Bermain sepak bola secara sederhana
C. Materi Pokok
Teknik Dasar
Bermain Sepak Bola
D. Skenario Pembelajaran
No
|
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Metode
|
1.
|
Pendahuluan
Peserta didik dibariskan menjadi 4 saf, berdo’a bersama, diadakan
presensi serta penjelasan materi yang akan dibahas serta dilanjutkan
pemanasan.
|
10 menit
|
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
|
2.
|
Inti
- Teknik mengenal bola dilakukan dengan
cara menggulir-gulirkan bola, menimang-nimang bola
- Teknik menendang bola dengan menggunakan
kaki bagian dalam, punggung kaki bagian luar
- Teknik menghentikan / mengontrol bola
dengan menggunakan kaki bagian dalam punggung kakai dan kaki bagian luar.
- Teknik melempar bola dilakukan dengan
cara :
a. berdiri
diluar garis samping
b.bola dipegang dengan dua tangan dari
atas belakang kepala
c. badan ditarik ke belakang diteruskan
dengan mengayunkan kedua tangan ke depan (menggunakan kekuatan otot perut,
panggul, bahu dan tangan)
-
teknik bermain bola secara sederhana
|
60 menit
|
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
|
3.
|
Penutup
-
Peserta didik dibariskan, diadakan koreksi / evaluasi
terhadap kegiatan yang baru dipratekkan.
-
Informasi-informasi
|
20 menit
|
Ceramah
Diskusi
|
E. Media / Alat
Buku : Pendidikan Jasmani Teori dan Praktek oleh
Muhajir
Alat : Lapangan sepak bola, bola kaki, peluit
F. Evaluasi
Penilaian dilakukan dengan pengamatan langsung
terhadap kegiatan yang dilakukan peserta didik.
Kepala MA PPMI Assalaam
Sigit Rahardja, S.Si
|
Sukoharjo, 01 Juni 2007
Guru Mapel
____________________
NIP.
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Madrasah : MA PPMI Assalaam
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : X / 1
Pertemuan Ke : ……………….……………….……………….
Alokasi Waktu :
…..……………….……………….……………
A. Kompetensi Dasar
1.1
Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan
dan olahraga beregu bola besar, serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai
semangat dan percaya diri.
B. Indikator
-
Melakukan passing bawah
-
Melakukan passing atas
-
Melakukan servis bawah
-
Bermain bola voli secara sederhana
C. Materi Pokok
Teknik Dasar
Bermain Bola Voli
D. Skenario Pembelajaran
No
|
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Metode
|
1.
|
Pendahuluan
Peserta didik dibariskan menjadi 4 saf, berdo’a bersama, diadakan
presensi dan penjelasan materi secara singkat diteruskan pemanasan.
|
10 menit
|
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
|
2.
|
Inti
-
Peserta didik masih dalam formasi 4 saf, tetapi
dibuat saling berhadapan untuk melakukan latihan :
a.
Passing bawah
b.
Passing atas
c.
Servis bawah
Setelah melakukan latihan tersebut
diatas dirasa cukup diteruskan bermain bola voli dengan menggunakan peraturan
yang sederhana
|
60 menit
|
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
|
3.
|
Penutup
-
Peserta didik dibariskan, diadakan evaluasi / koreksi
terhadap kegiatan yang baru saja dipratekkan.
-
Informasi-informasi
|
20 menit
|
Ceramah
Diskusi
|
E. Media / Alat
Buku :
Pendidikan Jasmani Teori dan Praktek oleh : Muhajir
Alat : Lapangan
bola voli, bola voli, net voli, peluit
F. Evaluasi
Penilaian
dengan menggunakan tes perbuatan
Kepala MA PPMI Assalaam
Sigit Rahardja, S.Si
|
Sukoharjo, 01 Juni
2007
Guru Mapel
____________________
NIP.
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
1
Nama Madrasah : MA PPMI Assalaam
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : X / 1
Pertemuan Ke : ……………….……………….……………….
Alokasi Waktu :
…..……………….……………….……………
A. Kompetensi Dasar
1.1
Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan
dan olahraga beregu bola besar, serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai
semangat dan percaya diri.
B. Indikator
-
Melakukan
teknik operan dan menangkap bola setinggi dada
-
Melakukan
teknik operan dan menangkap bola pantulan
-
Melakukan
teknik operan dan menangkap bola atas
-
Melakukan
teknik operan dan lemparan bola samping
-
Melakukan teknik dribbling
-
Bermain basket secara sederhana
C. Materi Pokok
Teknik Dasar Bermain Bola Basket
D. Skenario Pembelajaran
No
|
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Metode
|
1.
|
Pendahuluan
Peserta didik dibariskan menjadi 4 saf, berdo’a bersama, diadakan
presensi dan penjelasan materi secara singkat dilanjutkan pemanasan (warming up)
|
10 menit
|
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
|
2.
|
Inti
-
Peserta didik masih dalam formasi 4 saf, tetapi
dibuat saling berhadapan untuk melakukan latihan :
a.
Lempar tangkap bola setinggi dada
b. Lempar tangkap bola pantulan ke lantai
c. Lempar tangkap bola operan dari samping
d.
Dribble sambil berjalan dan berlari
Setelah teknik tersebut diatas dirasa
cukup dilakukan dengan bermain basket dengan menggunakan peraturan yang
sederhana
|
60 menit
|
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
|
3.
|
Penutup
- Peserta didik dibariskan, diadakan
koreksi terhadap kegiatan yang baru saja dipratekkan.
-
Informasi-informasi
|
20 menit
|
Ceramah
Diskusi
|
E. Media / Alat
Buku :
Pendidikan Jasmani Teori dan Praktek oleh : Muhajir
Alat : Lapangan basket, bola basket, peluit
F. Evaluasi
Penilaian dilakukan dengan menggunakan tes
perbuatan
Kepala MA PPMI Assalaam
Sigit Rahardja, S.Si
|
Sukoharjo, 01 Juni 2007
Guru Mapel
____________________
NIP.
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Madrasah : MA PPMI Assalaam
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : X / 1
Pertemuan Ke : ……………….……………….……………….
Alokasi Waktu :
…..……………….……………….……………
A. Kompetensi Dasar
1.2
Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan
olahraga beregu bola kecil dengan menggunakan alat dan peraturan yang
dimodifikasi, serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat dan
percaya diri.
B. Indikator
-
Melakukan teknik melambungkan bola
-
Melakukan
teknik melempar bola dengan benar
-
Melakukan
teknik menangkap bola dengan benar
-
Melakukan teknik memukul bola
-
Bermain rounders dengan peraturan yang dimodifikasi
C. Materi Pokok
Teknik Dasar
Bermain Rounders
D. Skenario Pembelajaran
No
|
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Metode
|
1.
|
Pendahuluan
Peserta didik dibariskan menjadi 4 saf, berdo’a bersama, diadakan
presensi dan penjelasan materi secara singkat diteruskan dengan pemanasan.
|
10 menit
|
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
|
2.
|
Inti
- Peserta didik masih tetap menjadi 4 saf,
saling berhadapan untuk melakukan :
a.
Lempar tangkap bola melambung
b.
Lempar tangkap bola datar
c.
Lempar tangkap bola menggelinding
d.
Teknik memukul bola
e.
Bermain rounders dengan peraturan yang dimodifikasi
|
60 menit
|
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
|
3.
|
Penutup
- Peserta didik dibariskan, diadakan koreksi
kegiatan yang telah dipratekkan.
-
Informasi-informasi
|
20 menit
|
Ceramah
Diskusi
|
E. Media / Alat
Buku : Petunjuk
Permainan Tradisional oleh UNS
Alat : Stick
(alat pemukul Rounders), bola rounders, tempat hinggap
F. Evaluasi
Penilaian dilakukan
dengan tes perbuatan
Kepala MA PPMI Assalaam
Sigit Rahardja, S.Si
|
Sukoharjo, 01 Juni
2007
Guru Mapel
____________________
NIP.
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Madrasah : MA PPMI Assalaam
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : X / 1
Pertemuan Ke : ……………….……………….……………….
Alokasi Waktu :
…..……………….……………….……………
A. Kompetensi Dasar
1.3
Mempraktikkan keterampilan atletik dengan menggunakan
peraturan yang dimodifikasi, serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai,
semangat dan percaya diri.
B. Indikator
-
Melakukan teknik start jongkok
-
Melakukan teknik teknik berlari
-
Melakukan teknik memasuki finish
C. Materi Pokok
Lari Jarak Pendek
D. Skenario Pembelajaran
No
|
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Metode
|
1.
|
Pendahuluan
Peserta didik dibariskan menjadi 4 saf, berdo’a bersama, diadakan
presensi dan penjelasan materi yang akan dipraktekkan secara singkat
diteruskan dengan pemanasan.
|
10 menit
|
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
|
2.
|
Inti
-
Melakukan start jongkok
Macam-macam
start jongkok :
a.
Start pendek
b.
Start menengah
c.
Start panjang
Cara
melakukan :
d.
Sikap awal berdiri di belakang garis start,
langkahkan kaki kiri ke depan, dan jari kaki lurus ke depan.
e. Letakkan jari-jari kaki belakang segaris
dengan tumit kaki depan. Jarak antara kedua kaki satu tapak tangan
(start pendek/ Bunch Start)
f. Jatuhkan badan ke depan dan letakkan
jari0jari tangan di belakang garis start (membentuk huruf V terbalik). Sikap
lengan lurus, berat badan hampir seluruhnya bertumpu pada kedua tangan.
g.Aba-aba siap, angkat panggul ke atas,
sehingga pantat lebih tinggi dari pundak.
h.Aba-aba “Ya”, tolakan kaki pada balok
start sekuat-kuatnya, lalu berlari secepat-cepatnya.
- Teknik berlari, lari jarak pendek
menapak menggunakan ujung kaki, mengangkat lutut tinggi, ayunan tangan
mengikuti langkah kaki.
- Teknik masuk finish dilakukan dengan
tetap berlari tanpa mengurangi kecepatan, menyentuh finish dengan cara
memiringkan bahu atau ambyuk.
|
60 menit
|
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
|
No
|
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Metode
|
3.
|
Penutup
-
Peserta didik dibariskan, diadakan koreksi / evaluasi
terhadap kegiatan yang baru saja dipratekkan.
-
Informasi-informasi
|
20 menit
|
Ceramah
Diskusi
|
E. Media / Alat
Buku : Pendidikan Jasmani dan Kesehatan oleh : Drs.
Yanto Kusyanto
Alat : Lapangan, balok start, bendera start, stop
watch, peluit
F. Evaluasi
Penilaian dilakukan dengan menggunakan tes
perbuatan
Kepala MA PPMI Assalaam
Sigit Rahardja, S.Si
|
Sukoharjo, 01 Juni 2007
Guru Mapel
____________________
NIP.
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Madrasah : MA PPMI Assalaam
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : X / 1
Pertemuan Ke : ……………….……………….……………….
Alokasi Waktu :
…..……………….……………….……………
A. Kompetensi Dasar
1.4
Mempraktikkan keterampilan salah satu cabang olahraga
beladiri, serta nilai kejujuran, menghargai orang lain, kerja keras dan percaya
diri.
B. Indikator
-
Melakukan sikap pasang dengan benar
-
Melakukan
berbagai teknik pukulan dengan baik
-
Melakukan berbagai teknik tendangan
C. Materi Pokok
Teknik Dasar
Pencak Silat
D. Skenario Pembelajaran
No
|
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Metode
|
1.
|
Pendahuluan
Peserta didik dibariskan menjadi 4 saf, berdo’a bersama, diadakan
presensi dan penjelasan materi secara singkat dilanjutkan dengan pemanasan.
|
10 menit
|
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
|
2.
|
Inti
Masih dalam formasi 4 saf diteruskan latihan :
- Sikap pasang adalah suatu sikap siaga
untuk melakukan pembelaan atau serangan yang berpola dan dilakukan pada awal
serta akhir dari rangkaian gerak. Unsur sikap pasang : sikap kuda-kuda, sikap
tubuh, sikap lengan dan sikap tangan.
-
Latihan teknik pukulan dari depan
a. Tinju dilakukan dengan cara tangan
dikepalkan
b.Tebak dilakukan dengan menggunkan satu
telapak tangan
c. Sodok dilakukan menggunakan telapak
tangan terlentang
d.
Bandul dilakukan dengan mengayun kepalan
- Latihan teknik pukulan dari arah bawah
a. Bandul
dilakukan seperti upper cut dalam tinju
b.Sanggah dilakukan menggunakan pangkal
telapak tangan
c. Colok / tusuk dilakukan menggunakan
jari-jari terbuka
- Teknik tendangan dapat dilakukan dari
arah :
a. Depan
b.Samping
c. Belakang
d.
Busur
|
60 menit
|
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
|
No
|
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Metode
|
3.
|
Penutup
-
Peserta didik dibariskan, dievaluasi kegiatan yang
baru saja dipratekkan.
-
Informasi-informasi
|
20 menit
|
Ceramah
Diskusi
|
E. Media / Alat
Buku :
Pendidikan Jasmani Kelas 1 SMA oleh : Agus Mukholid
Alat : Aula, pelindung badan
F. Evaluasi
Penilaian
dilakukan dengan tes perbuatan
Kepala MA PPMI Assalaam
Sigit Rahardja, S.Si
|
Sukoharjo, 01 Juni
2007
Guru Mapel
____________________
NIP.
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Madrasah :
MA PPMI Assalaam
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : X / 1
Pertemuan Ke : ……………….……………….……………….
Alokasi Waktu :
…..……………….……………….……………
A. Kompetensi Dasar
2.1
Mempraktikkan latihan kekuatan, kecepatan, daya tahan,
dan kelentukan untuk kebugaran jasmani dalam bentuk sederhana serta nilai
tanggung jawab, disiplin dan percaya diri.
B. Indikator
-
Melakukan berbagai bentuk latihan kekuatan
-
Melakukan berbagai bentuk latihan kelentukan
-
Melakukan brebagai bentuk latihan keseimbangan
C. Materi Pokok
Latihan Kebugaran Jasmani
D. Skenario Pembelajaran
No
|
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Metode
|
1.
|
Pendahuluan
Peserta didik dibariskan menjadi 4 saf, berdo’a
bersama, diadakan presensi dan penjelasan materi secara singkat diteruskan
dengan pemanasan.
|
10 menit
|
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
|
2.
|
Inti
-
Peserta didik dibagi menjadi 3 kelompok.
Kelompok 1 : melakukan
latihan kekuatan otot lengan dengan push up
a. Melakukan latihan kekuatan otot
Perut dengan sip-up
b. Melakukan latihan kekuatan otot
Punggung dengan back off
c.
Melatih otot kaki dengan squat jump
Kelompok 2 : melakukan
latihan kekukatan dari anggota tubuh bagian atas menuju anggota bagian bawah.
Kelompok 3 : melakukan
latihan keseimbangan
Setelah dirasa cukup, tiap kelompok bergantian
melakukan latihan lainnya, sehingga ketiga kelompok latihan kekuatan,
kelentukan dan keseimbangan
|
60 menit
|
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
|
3.
|
Penutup
- Peserta didik dibariskan, dievaluasi kegiatan yang telah
dilaksanakan
- Informasi-informasi
|
20 menit
|
Ceramah
Diskusi
|
E. Media / Alat
Buku : Pendidikan Jasmani dan Kesehatan oleh : Drs.
Yanto Kusyanto
Alat : Aula, stop watch
F. Evaluasi
Penilaian dilakukan dengan melalui
pengamatan terhadap kegiatan yang dilakukan peserta didik.
Kepala MA PPMI Assalaam
Sigit Rahardja, S.Si
|
Sukoharjo, 01 Juni 2007
Guru Mapel
____________________
NIP.
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Madrasah : MA PPMI Assalaam
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : X / 1
Pertemuan Ke : ……………….……………….……………….
Alokasi Waktu :
…..……………….……………….……………
A. Kompetensi Dasar
2.2
Mempraktikkan
tes kebugaran jasmani serta nilai tanggung jawab, disiplin dan percaya diri.
B. Indikator
-
Melakukan tes pengukuran kebugaran jasmani
-
Menerapkan
ketelitian, kesabaran, keuletan dan kecermatan dalam pengolahan data
C. Materi Pokok
Tes Kebugaran Jasmani
D. Skenario Pembelajaran
No
|
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Metode
|
1.
|
Pendahuluan
Peserta didik dibariskan menjadi 4 saf, berdo’a
bersama, diadakan presensi dan penjelasan materi yang akan dipraktekkan
secara singkat dan dilanjutkan dengan pemanasan / warming up.
|
10 menit
|
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
|
2.
|
Inti
- Praktek tes dan pengukuran kebugaran jasmani adapun
rangkaian tes kebugaran jasmani untuk usia 16 – 19 tahun (untuk siswa SMA)
terdiri dari :
a. Lari 60 meter
b.
Gantung angkat tubuh 60 detik untuk pria dan gantung
siku tekuk untuk wanita.
c. Baring duduk 60 detik
d. Loncat tegak
e.
Lari 1200 meter untuk pria dan 1000 meter untuk wanita
-
Hasil dari rangkaian tes dicatat dan hasilnya yang
masih berupa hasil kasar yang masih merupakan satuan ukuran yang berbeda
perlu diganti dengan satuan ukuran yang sama, satuan ukuran pengganti ini
adalah nilai. Nilai deroleh dari tabel yang sudah ditentukan. Setelah diubah
menjadi nilai langkah berikutnya adalah menjumlahkan nilai-nilai kelima butir
tes. Hasil penjumlahan menjadi dasar untuk menentukan mategori kebugaran
jasmani peserta didik.
|
60 menit
|
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
|
3.
|
Penutup
- Peserta didik dibariskan, sambil mengumpulkan
catatan hasil tes, kemudian dievaluasi kegiatan yang telah dilakukan/
- Informasi-informasi
|
20 menit
|
Ceramah
Diskusi
|
E. Media / Alat
Buku :
Pendidikan Jasmani kelas 1 SMA oleh : Agus Mukholid
Alat : Lapangan, stop watch, palang tunggal, peluit
F. Evaluasi
Penilaian dengan mengamati hasil tes (tes
perbuatan)
Kepala MA PPMI Assalaam
Sigit Rahardja, S.Si
|
Sukoharjo, 01 Juni 2007
Guru Mapel
____________________
NIP.
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Madrasah : MA PPMI Assalaam
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : X / 1
Pertemuan Ke : ……………….……………….……………….
Alokasi Waktu :
…..……………….……………….……………
A. Kompetensi Dasar
3.2
Mempraktikkan rangkaian senam lantai serta nilai
percaya diri, kerjasama, tanggung jawab dan menghargai teman
B. Indikator
-
Melakukan gerakan guling lenting
-
Melakukan gerakan kayang
-
Melakukan sikap lilin
-
Melakukan head stand (berdiri dengan kepala)
-
Melakukan
sikap berdiri dengan kedua telapak tangan
C. Materi Pokok
Senam Lantai
D. Skenario Pembelajaran
No
|
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Metode
|
1.
|
Pendahuluan
Peserta didik dibariskan menjadi 4 saf, berdo’a bersama, diadakan
presensi dan penjelasan materi yang akan dipraktekkan secara singkat diteruskan
dengan pemanasan.
|
10 menit
|
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
|
2.
|
Inti
-
Melakukan latihan :
·
guling lenting
- sikap awal : berdiri tegak, tangan lurus
disamping badan
- langkahkan kaki kiri ke depan dan tekuk
lututnya, sedangkan kaki kanan lurus dibelakang
- tekuk kedua siku, masukkan kepala
diantara dua tangan, posisi kedua tangan dan kaki segaris lurus
- lemparkan kaki kanan keatas depan
diikuti lentingan tungkai kaki kiri, pinggul dan tubuh mengikuti kedua lengan
lurus keatas depan.
- Kedua kaki rapat mendarat di matras
bersama-sama
·
Gerakan kayang
-
sikap awal : berdiri tegak, kaki agak dibuka
-
luruskan lengan ke atas, tengadahkan kepala
lengkungkan badan ke belakang secara perlahan-lahan sampai kedua telapak
tangan menyentuh matras, posisi kedua tangan terbuka
·
sikap lilin
- sikap awal : berbaring telentang, kedua
tangan disamping badan
- angkat tungkai lurus keatas, pinggul
ikut keatas, kedua tangan menahan pinggul, untuk keseimbangan
|
60 menit
|
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
|
No
|
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Metode
|
|
·
head stand
- sikap awal : berdiri tegak, kedua tangan
rapat disamping badan
- bungkukkan badan ke depan, letakkan
kedua telapak tangan di matras
- letakkan dahi di matras diantara dua
tangan yang membentuk segitiga
- angkat pinggul ke atas, badan tegak
lurus pada matras
- Berdiri tegak dengan salah satu kaki
didepan, tangan dirapat di badan
- Bungkukkan badan ke depan, letakkan
kedua telapak tangan di lantai, ayunkan kaki belakang keatas diikuti oleh
kaki satunya, kemudian dirapatkan lurus keatas, pertahankan
|
|
|
3.
|
Penutup
-
Peserta didik dibariskan, dievaluasi / koreksi
-
Informasi-informasi
|
20 menit
|
Ceramah
Diskusi
|
E. Media / Alat
Buku :
Pendidikan Jasmani kelas 1 SMA oleh : Agus Mukholid
Alat : Aula,
matras, peluit
F. Evaluasi
Penilaian melakukan
tes perbuatan
Kepala MA PPMI Assalaam
Sigit Rahardja, S.Si
|
Sukoharjo, 01 Juni
2007
Guru Mapel
____________________
NIP.
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Madrasah : MA PPMI Assalaam
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : X / 1
Pertemuan Ke : ……………….……………….……………….
Alokasi Waktu :
…..……………….……………….……………
A. Kompetensi Dasar
4.1 Mempraktikkan keterampilan gerak dengan
langkah dan lompat pada aktivitas ritmik tanpa alat serta nilai kedisiplinan,
konsentrasi dan keluwesan
B. Indikator
-
Melakukan gerak dasar langkah
-
Melakukan gerak dasar lompat
-
Melakukan
rangkaian gerak dasar langkah dan lompat
-
Melakukan gerak dasar ayunan lengan
C. Materi Pokok
Gerak Ritmik
D. Skenario Pembelajaran
No
|
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Metode
|
1.
|
Pendahuluan
Peserta didik dibariskan menjadi 4 saf, berdo’a bersama, dan dipresensi diberi
penjelasan materi secara singkat dilanjutkan dengan pemanasan.
|
10 menit
|
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
|
2.
|
Inti
-
Melakukan latihan macam-macam gerak dasar langkah
yaitu :
·
Langkah cha-cha-cha
·
Langkah grapevine
·
Langkah mambo
·
Langkah V
·
Langkah sentuh ke kanan
-
Melakukan latihan lompat
·
Jingkat
·
Loncat
·
Lompat sergap
·
Split
·
twist
-
Melakukan kombinasi langkah dan lompat
-
Latihan gerak dasar ayunan
·
Mengangkat tangan di depan
·
Buka dan silang
·
Memompa
·
Tinju
·
Mengayun
·
tepukan
- Melakukan kombinasi gerakan kaki dan
tangan
|
60 menit
|
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
|
No
|
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Metode
|
3.
|
Penutup
-
Peserta didik dibariskan, dievaluasi kegiatan yang
baru saja dipraktekkan
-
Informasi-informasi
|
20 menit
|
Ceramah
Diskusi
|
E. Media / Alat
Buku :
Pendidikan Jasmani Teori dan Praktek oleh : Muhajir
Alat : Tape
Recorder, kaset recorder, aula
F. Evaluasi
Penilaian dilakukan dengan pengamatan langsung
terhadap gerakan / kegiatan yang dilakukan oleh peserta.
Kepala MA PPMI Assalaam
Sigit Rahardja, S.Si
|
Sukoharjo, 01 Juni 2007
Guru Mapel
____________________
NIP.
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Madrasah : MA PPMI Assalaam
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : X / 1
Pertemuan Ke : ……………….……………….……………….
Alokasi Waktu :
…..……………….……………….……………
A. Kompetensi Dasar
5.1 Mempraktikkan
keterampilan teknik dasar salah satu gaya
renang serta nilai disiplin, keberanian, tanggung jawab dan kerja keras.
B. Indikator
-
Melakukan teknik meluncur
-
Melakukan teknik gerakan kaki
-
Melakukan teknik gerakan lengan
-
Melakukan teknik pernafasan
-
Melakukan latihan koordinasi renang gaya bebas
C. Materi Pokok
Renang Gaya
Bebas
D. Skenario Pembelajaran
No
|
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Metode
|
1.
|
Pendahuluan
Peserta didik dibariskan menjadi 4 saf ditepian kolam, berdo’a bersama
dan dipresensi serta penjelasan materi secara singkat diteruskan dengan
pemanasan.
|
10 menit
|
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
|
2.
|
Inti
-
Latihan teknik meluncur :
· Berdiri merapat di kolam, salah satu kaki
menempel dinding kolam
· Kedua tangan lurus keatas disamping
kepala
· Badan membungkuk ke depan diikuti kedua
tangan
· Kaki didorongkan dari dinding kolam dan
kaki satunya ditarik keatas ikut mendorong
-
Latihan gerkan kaki
· Gerakan kaki naik turun secara bergantian,
gerakan dimulai dari panggul dan berakhir pada kibasan pergelangan kaki
-
Latihan gerakan lengan
Dengan jari-jari tangan rapat satu
tangan menekan ke bawah melalui garis tengah badan kemudian lengan mendorong
air ke belakang atas lalu menuju kesamping badan. Siku keluar lebih dulu dari
dalam air sementara lengan masih berada di dalam air melakukan gerakan
mendorong air ke belakang atas dan dilanjutkan memutar lengan membawa tangan
ke depan badan, setelah tangan sampai di depan badan gantian tangan satunya
melakukan gerakan mendayung dan seterusnya.
|
60 menit
|
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
|
No
|
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Metode
|
|
-
Latihan pernafasan
Dilakukan
dengan memutar leher ke kiri atau ke kanan sesuai dengan tangan yang
mendayung di belakang, ketika mulut berada di atas permukaan air ambil nafas
melalui mulut begitu tangan yang di belakang diputar ke depan masuk ke air
maka muka kembali lagi ke air sambil membuang nafas
-
Latihan koordinasi secara keseluruhan
|
|
|
3.
|
Penutup
- Peserta didik dibariskan diatas kolam
renang dipresensi lagi dan dievaluasi kegiatan.
-
Informasi-informasi
|
20 menit
|
Ceramah
Diskusi
|
E. Media / Alat
Buku :
Pendidikan Jasmani Teori dan Praktek untuk SMA kelas X oleh : Muhajir
Alat : Pelampung,
peluit, kolam renang
F. Evaluasi
Penilaian dilakukan dengan menggunakan tes
perbuatan
Kepala MA PPMI Assalaam
Sigit Rahardja, S.Si
|
Sukoharjo, 01 Juni 2007
Guru Mapel
____________________
NIP.
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Madrasah : MA PPMI Assalaam
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : X / 1
Pertemuan Ke : ……………….……………….……………….
Alokasi Waktu :
…..……………….……………….……………
A. Kompetensi Dasar
6.1 Mempraktikkan
keterampilan dasar-dasar kegiatan menjelajah sungai serta nilai tanggung jawab,
kerjasama, toleransi, tolong menoilong, melaksanakan keputusan kelompok
B. Indikator
-
Memilih
lokasi yang aman dan nyaman
-
Menggunakan
peralatan yang sesuai dengan kebutuhan
-
Menelusuri sungai
-
Menerapkan
prinsip dasar menjelajah di sungai
C. Materi Pokok
Penjelajahan
di sungai
D. Skenario Pembelajaran
No
|
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Metode
|
1.
|
Pendahuluan
Peserta didik dibariskan menjadi 4 saf, berdo’a bersama, dan dipresensi
serta penjelasan materi secara singkat diteruskan dengan pemanasan / warming
up
|
10 menit
|
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
|
2.
|
Inti
-
Peserta didik dibagi menjadi 5 kelompok, tiap-tiap
kelompok dipimpin oleh seorang ketua dilanjutkan dengan
-
Pemilihan lokasi yang aman
- Menggunakan perlengkapan yang sesuai
dengan kebutuhan
-
Menyeberangi / menelusuri sungai perkelompok
- Menerapkan prisnip dasar penjelajahan /
penyeberangan sungai
|
60 menit
|
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
|
3.
|
Penutup
-
Peserta didik dibariskan, diadakan evaluasi / koreksi
kegiatan yang telah dipraktekkan
-
Informasi-informasi
|
20 menit
|
Ceramah
Diskusi
|
E. Media / Alat
Buku :
Pendidikan Jasmani Untuk SMA kelas 1 oleh : Agus Mukholid
Alat : Ransel, tongkat, tali
F. Evaluasi
Penilaian
dilakukan dengan tes perbuatan
Kepala MA PPMI Assalaam
Sigit Rahardja, S.Si
|
Sukoharjo, 01 Juni
2007
Guru Mapel
____________________
NIP.
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Madrasah : MA PPMI Assalaam
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : X / 1
Pertemuan Ke : ……………….……………….……………….
Alokasi
Waktu : …..……………….……………….……………
A. Kompetensi Dasar
7.1
Menganalisis bahaya penyalahgunaan narkoba.
B. Indikator
-
Mengklasifikasikan jenis-jenis narkoba yang sering
disalah gunakan.
-
Mengidentifikasikan
perilaku yang mudah terpengaruh untuk melakukan tindakan penyalahgunaan
narkotika.
C. Materi Pokok
Narkoba
D. Skenario Pembelajaran
No
|
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Metode
|
1.
|
Pendahuluan
- Berdo’a bersama, diadakan presensi
- Apersepsi : tanya jawab tentang
narkoba
|
10 menit
|
Ceramah
Tanya jawab
|
2.
|
Inti
-
Pengertian narkoba adalah semua bahan obat yang
umumnya mempunyai efek kerja bersifat :
a.
membius
b.
merangsang
c.
menimbulkan ketagihan
d.
menimbulkan khayalan
-
klasifikasi jenis narkoba yang sering digunakan /
disalah gunakan
·
opium
·
morfine
·
ganja
·
kokaine
·
sabu-sabu, dll
-
Penyebab memakai narkoba :
·
Pelampiasan dari kekecewaan
· Kurang mengerti akibat / bahaya dari
narkoba
·
Coba-coba / rasa ingin tahu
·
Pengaruh teman pergaulan
·
Kurang mengamalkan ajaran agama
|
70 menit
|
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
|
3.
|
Penutup
-
Tanya jawab
-
Tugas
|
20 menit
|
Ceramah
Diskusi
|
E. Media / Alat
Buku :
Pendidikan Jasmani Teori dan Praktek untuk SMA kelas X oleh : Muhajir
Alat : Pelampung, peluit, kolam renang
F. Evaluasi
Penilaian dilakukan dengan mengadakan
tes tertulis
Kepala MA PPMI Assalaam
Sigit Rahardja, S.Si
Artikel terkait
:
|
Sukoharjo, 01 Juni 2007
Guru Mapel
____________________
NIP.
|
0 komentar:
Posting Komentar