RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN ( RPP )
Sekolah : SMA
.....................................
Mata Pelajaran : Pendidikan
Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : VIII ( Ganjil
)
Standar Kompetensi :
Mempraktikkan berbagai teknik dasar permainan dan olahraga,
dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar :
Mempraktikkan keterampilan atletik dengan menggunakan
peraturan yang dimodifikasi serta nilai
kerjasama, kejujuran,
semangat, dan percaya diri
Alokasi Waktu : 4 X 45 menit
A . Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat melakukan kombinasi teknik dasar melompat tinggi dengan awalan
- Siswa dapat melakukan kombinasi teknik dasar melompat tinggi dengan tumpuhan
- Siswa dapat melakukan kombinasi teknik dasar melompat tinggi dengan melayang di udara
- Siswa dapat melakukan kombinasi teknik dasar melompat tinggi dengan mendarat
- Siswa dapat melakukan lompat tinggi dengan peraturan yang dimodifikasi
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tanggung Jawab ( Responsibility )
Keberanian ( Bravery )
B. Materi Pembelajaran
Olahraga Atletik
- Memvariasi dan kombinasi teknik dasar lompat tinggi ( awalan, tumpuhan, melayang di udara, dan mendarat ) dengan teknik yang benar
- Perlombaan lompat jauh dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumpuhkan dan membina nilai-nilai lompat jauh dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi
C. Metode Pembelajaran
-
Pertemuan
1 = penugasan
-
Pertemuan
2 = penugasan
-
Pertemuan
3 = timbal balik
-
Pertemuan
4 = timbal balik
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
( 45 menit )
- Kegiatan Pendahuluan ( 15 menit )
-
Berbaris,
berdoa, presensi, apersepsi dan pemanasan
-
Memberikan
mitivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
- Kegiatan Inti ( 50 menit )
·
Melakukan
teknik dasar awalan pada olahraga lompat tinggi
-
Melakukan
lari cepat pada lintasan ( berpasangan )
-
Melakukan
lari cepat pada lintasan untuk mengukur jumlah dan panjang langkah pada papan
tumpuan ( berpasangan )
-
Melakukan
lari “hop” ( berpasangan )
-
Melakukan
lari cepat pada lintasan dan tumpuan pada papan tumpuan ( berpasangan )
·
Strategi
pelaksanaan dengan menggunakan model tugas/penugasan
-
Guru
membagikan bahan ajar, yang berisi deskripsi tugas dan indikator tugas gerak
-
Siswa
mempelajari tugas ajar dan indikator keberhasilannya
-
Siswa
memperkirakan waktu yang diperlukan untuk mencapai ketuntasan tugas ajar
-
Siswa
melaksanakan tugas ajar sesuai dengan target waktu yang telah ditentukan
sendiri cepat,maka mereka diberi kesempatan untuk mencoba lompatan tinggi dengan
peraturan yang dimodifikasi
·
Lomba
lari jarak menengah dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai
kerjasama,toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia
berbagai tempat dan peralatan
- Penutup ( 20 menit )
-
Pendinginan,
berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa, dan bubar
Pertemuan
2 ( 45 menit )
- Kegiatan Pendahuluan ( 15 menit )
-
Berbaris,
berdoa, presensi, apersepsi dan pemanasan
-
Memberikan
mitivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
- Kegiatan Inti ( 50 menit )
·
Melakukan
teknik dasar awalan pada olahraga lompat tinggi
-
Melakukan
lari cepat pada lintasan ( berpasangan )
-
Melakukan
lari cepat pada lintasan untuk mengukur jumlah dan panjang langkah pada papan
tumpuan ( berpasangan )
-
Melakukan
lari “hip-hop” ( berpasangan )
-
Melakukan
lari cepat pada lintasan dan tumpuan pada papan tumpuan ( berpasangan )
·
Strategi
pelaksanaan dengan menggunakan model tugas/penugasan
-
Guru
membagikan bahan ajar, yang berisi deskripsi tugas dan indikator tugas gerak
-
Siswa
mempelajari tugas ajar dan indikator keberhasilannya
-
Siswa
memperkirakan waktu yang diperlukan untuk mencapai ketuntasan tugas ajar
-
Siswa
melaksanakan tugas ajar sesuai dengan target waktu yang telah ditentukan
sendiri cepat,maka mereka diberi kesempatan untuk mencoba lompat tinggi dengan
peraturan yang dimodifikasi
·
Lomba
lari jarak menengah dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai
kerjasama,toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia
berbagai tempat dan peralatan
- Penutup ( 20 menit )
-
Pendinginan,
berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa, dan bubar
Pertemuan
3 ( 45 menit )
- Kegiatan Pendahuluan ( 15 menit )
-
Berbaris,
berdoa, presensi, apersepsi dan pemanasan
-
Memberikan
mitivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
- Kegiatan Inti ( 50 menit )
·
Melakukan
kombinasi teknik dasar awalan, menolak, posisi di udara, dan mendarat
-
Melakukan
teknik dasar nenolak dari posisi berdiri di tempat menghadap tempat pendaratan
dilanjutkan posisi melangkah ( berpasangan )
-
Melakukan
teknik dasar menolak dari atas box menghadap tempat pendaratan (
perorangan,berpasangan )
-
Melakukan
teknik dasar menolak menghadap tempat pendaratan dari posisi melangkah (
berpasangan )
·
Strategi pelaksanaan dengan menggunakan model
tugas/penugasan
-
Guru
membagikan bahan ajar, yang berisi deskripsi tugas dan indikator tugas gerak
-
Siswa
mempelajari tugas ajar dan indikator keberhasilannya
-
Siswa
memperkirakan waktu yang diperlukan untuk mencapai ketuntasan tugas ajar
-
Siswa
melaksanakan tugas ajar sesuai dengan target waktu yang telah ditentukan
sendiri cepat,maka mereka diberi kesempatan untuk mencoba lompatan tinggi
dengan peraturan yang dimodifikasi
·
Lomba
lompat jauh gaya melinting debgan peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan
nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan,
bersedia berbagi tempat dan peralatan
- Penutup ( 20 menit )
-
Pendinginan,
berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa, dan bubar
Pertemuan 4 ( 45 menit )
1. Kegiatan Pendahuluan ( 15 menit )
-
Berbaris,
berdoa, presensi, apersepsi dan pemanasan
-
Memberikan
mitivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti ( 50 menit )
·
Melakukan
kombinasi teknik dasar awalan, menolak, posisi di udara, dan mendarat
-
Melakukan
teknik dasar nenolak dari posisi berdiri di tempat menghadap tempat pendaratan
dilanjutkan posisi melangkah ( berpasangan )
-
Melakukan
teknik dasar menolak dari atas box menghadap tempat pendaratan (
perorangan,berpasangan )
-
Melakukan
teknik dasar menolak menghadap tempat pendaratan dari posisi melangkah (
berpasangan )
·
Strategi pelaksanaan dengan menggunakan model
tugas/penugasan
-
Guru
membagikan bahan ajar, yang berisi deskripsi tugas dan indikator tugas gerak
-
Siswa
mempelajari tugas ajar dan indikator keberhasilannya
-
Siswa
memperkirakan waktu yang diperlukan untuk mencapai ketuntasan tugas ajar
-
Siswa
melaksanakan tugas ajar sesuai dengan target waktu yang telah ditentukan
sendiri cepat,maka mereka diberi kesempatan untuk mencoba lompatan tinggi
dengan peraturan yang dimodifikasi
·
Lomba
lompat jauh gaya melinting debgan peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan
nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan,
bersedia berbagi tempat dan peralatan
3. Penutup ( 20 menit )
-
Pendinginan,
berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa, dan bubar
E. Sumber Belajar
-
Ruang
terbuka yang datar dan aman
-
Bendera
start dan finish
-
Buku
teks
-
Buku
referensi ; Roji, Pendidikan Jasmani,
Olahraga dan Kesehatan Kelas VIII, Jakarta : Erlangga
-
Lembar
kerja proses belajar, Roji, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
F. Penilaian
1. Teknik Penilaian
- Tes unjuk kerja (psikomotor):
Lakukan
teknik dasar lompat jauh gaya melenting
Keterangan:
Berikan penilaian terhadap kualitas unjuk kerja peserta ujian, dengan
rentang nilai antara 1 sampai dengan 4
Jumlah
skor yang diperoleh
Nilai = -----------------------------------------
X 50
Jumlah
skor maksimal
- Pengamatan sikap (afeksi):
Lakukan teknik dasar lompat jauh gaya melenting dengan peraturan yang telah
dimodifikasi untuk menanamkan nilai
kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia
berbagi tempat dan peralatan
Keterangan:
Berikan tanda cek ( √ ) pada kolom yang sudah
disediakan, setiap peserta ujian menunjukkan atau menampilkan perilaku yang
diharapkan. Tiap perilaku yang di cek (
√ ) memdapat nilai 1
Jumlah skor yang diperoleh
Nilai
=
----------------------------------------- X 30
Jumlah skor maksimal
- Kuis/embedded
test (kognisi):
Jawab secara lisan atau peragakan dengan baik,
pertanyaan-pertanyaan mengenai konsep gerak dalam teknik dasar lompat jauh gaya
melenting
Keterangan:
Berikan penilaian terhadap kualitas jawaban peserta ujian, dengan rentang
nilai antara 1 sampai dengan 4
Jumlah
skor yang diperoleh
Nilai =
----------------------------------------- X 20
Jumlah
skor maksimal
-
Nilai akhir yang diperoleh siswa =
2. Rubrik Penilaian
RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA TEKNIK DASAR LOMPAT JAUH GAYA MELENTING
Aspek Yang Dinilai
|
Kualitas Gerak
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1. Gerakan kaki saat menolak ke depan atas
2. Posisi badan saat di udara melenting
3. Pendaratan awal telapak kaki saat
mendarat menggunakan tumit kaki
4. Posisi badan dibawa ke depan saat akan
mendarat
|
|
|
|
|
JUMLAH
|
|
|||
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 16
|
|
RUBRIK
PENILAIAN
PERILAKU DALAM LOMPAT
JAUH GAYA
MELENTING
PERILAKU
YANG DIHARAPKAN
|
CEK
(√ )
|
1. Bekerja sama dengan teman dalam melakukan
kegiatan
|
|
2. Toleransi/menghargai lawan
|
|
3. Percaya diri/keberanian( bersungguh-sungguh
dalam bermain)
|
|
4. Bersedia berbagi tempat dan peralatan
|
|
|
|
Jumlah
|
|
Jumlah
Skor Maksimal = 4
|
|
|
|
RUBRIK
PENILAIAN
PEMAHAMAN
KONSEP LOMPAT JAUH GAYA MELENTING
Pertanyaan yang
diajukan
|
Kualitas Jawaban
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1. Bagaimana gerakan lutut kaki saat mendarat?
2. Bagaimana posisi kedua lengan saat di
udara?
3. Bagaimana posisi badan yang benar pada
saat di udara ?
|
|
|
|
|
JUMLAH
|
|
|||
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 12
|
|
MENGETAHUI, GURU
MATA PELAJARAN
KEPALA SEKOLAH
............................................ ...............................................
Artikel terkait
:
0 komentar:
Posting Komentar