Sabtu, 07 September 2013

RPP PENJASKES SMA



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Sekolah                                   : SMA .....................................
Mata Pelajaran                      : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester                       : VIII ( Ganjil )
Standar Kompetensi             : Mempraktikkan berbagai teknik dasar permainan dan olahraga,
                                                  dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar                 : Mempraktikkan keterampilan atletik dengan menggunakan
                                                  peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerjasama, kejujuran,
                                                  semangat, dan percaya diri
Alokasi Waktu                       : 4 X 45 menit

A . Tujuan Pembelajaran
  • Siswa dapat melakukan kombinasi teknik dasar melompat tinggi dengan awalan
  • Siswa dapat melakukan kombinasi teknik dasar melompat tinggi dengan tumpuhan
  • Siswa dapat melakukan kombinasi teknik dasar melompat tinggi dengan melayang di udara
  • Siswa dapat melakukan kombinasi teknik dasar melompat tinggi dengan mendarat
  • Siswa dapat melakukan lompat tinggi dengan peraturan yang dimodifikasi

      Karakter siswa yang diharapkan   : Disiplin ( Discipline )
                                                              Tanggung Jawab ( Responsibility )
                                                              Keberanian ( Bravery )


B. Materi Pembelajaran
      Olahraga Atletik
  • Memvariasi dan kombinasi teknik dasar lompat tinggi ( awalan, tumpuhan, melayang di udara, dan mendarat ) dengan teknik yang benar
  • Perlombaan lompat jauh dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumpuhkan dan membina nilai-nilai lompat jauh dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi
C. Metode Pembelajaran
-          Pertemuan 1 = penugasan
-          Pertemuan 2 = penugasan
-          Pertemuan 3 = timbal balik
-          Pertemuan 4 = timbal balik
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
       Pertemuan 1 ( 45 menit )
  1. Kegiatan Pendahuluan ( 15 menit )
-          Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi dan pemanasan
-          Memberikan mitivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
  1. Kegiatan Inti ( 50 menit )
·         Melakukan teknik dasar awalan pada olahraga lompat tinggi
-          Melakukan lari cepat pada lintasan ( berpasangan )
-          Melakukan lari cepat pada lintasan untuk mengukur jumlah dan panjang langkah pada papan tumpuan ( berpasangan )
-          Melakukan lari “hop” ( berpasangan )
-          Melakukan lari cepat pada lintasan dan tumpuan pada papan tumpuan ( berpasangan )

·         Strategi pelaksanaan dengan menggunakan model tugas/penugasan
-          Guru membagikan bahan ajar, yang berisi deskripsi tugas dan indikator tugas gerak
-          Siswa mempelajari tugas ajar dan indikator keberhasilannya
-          Siswa memperkirakan waktu yang diperlukan untuk mencapai ketuntasan tugas ajar
-          Siswa melaksanakan tugas ajar sesuai dengan target waktu yang telah ditentukan sendiri cepat,maka mereka diberi kesempatan untuk mencoba lompatan tinggi dengan peraturan yang dimodifikasi
·         Lomba lari jarak menengah dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai kerjasama,toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagai tempat dan peralatan
  1. Penutup ( 20 menit )
-          Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa, dan bubar

      Pertemuan 2 ( 45 menit )
  1. Kegiatan Pendahuluan ( 15 menit )
-          Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi dan pemanasan
-          Memberikan mitivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran

  1. Kegiatan Inti ( 50 menit )
·         Melakukan teknik dasar awalan pada olahraga lompat tinggi
-          Melakukan lari cepat pada lintasan ( berpasangan )
-          Melakukan lari cepat pada lintasan untuk mengukur jumlah dan panjang langkah pada papan tumpuan ( berpasangan )
-          Melakukan lari “hip-hop” ( berpasangan )
-          Melakukan lari cepat pada lintasan dan tumpuan pada papan tumpuan ( berpasangan )

·         Strategi pelaksanaan dengan menggunakan model tugas/penugasan
-          Guru membagikan bahan ajar, yang berisi deskripsi tugas dan indikator tugas gerak
-          Siswa mempelajari tugas ajar dan indikator keberhasilannya
-          Siswa memperkirakan waktu yang diperlukan untuk mencapai ketuntasan tugas ajar
-          Siswa melaksanakan tugas ajar sesuai dengan target waktu yang telah ditentukan sendiri cepat,maka mereka diberi kesempatan untuk mencoba lompat tinggi dengan peraturan yang dimodifikasi
·         Lomba lari jarak menengah dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai kerjasama,toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagai tempat dan peralatan
  1. Penutup ( 20 menit )
-          Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa, dan bubar
     
      Pertemuan 3 ( 45 menit )
  1. Kegiatan Pendahuluan ( 15 menit )
-          Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi dan pemanasan
-          Memberikan mitivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
  1. Kegiatan Inti ( 50 menit )
·         Melakukan kombinasi teknik dasar awalan, menolak, posisi di udara, dan mendarat
-          Melakukan teknik dasar nenolak dari posisi berdiri di tempat menghadap tempat pendaratan dilanjutkan posisi melangkah ( berpasangan )
-          Melakukan teknik dasar menolak dari atas box menghadap tempat pendaratan ( perorangan,berpasangan )
-          Melakukan teknik dasar menolak menghadap tempat pendaratan dari posisi melangkah ( berpasangan )

·          Strategi pelaksanaan dengan menggunakan model tugas/penugasan
-          Guru membagikan bahan ajar, yang berisi deskripsi tugas dan indikator tugas gerak
-          Siswa mempelajari tugas ajar dan indikator keberhasilannya
-          Siswa memperkirakan waktu yang diperlukan untuk mencapai ketuntasan tugas ajar
-          Siswa melaksanakan tugas ajar sesuai dengan target waktu yang telah ditentukan sendiri cepat,maka mereka diberi kesempatan untuk mencoba lompatan tinggi dengan peraturan yang dimodifikasi
·         Lomba lompat jauh gaya melinting debgan peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan
  1. Penutup ( 20 menit )
-          Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa, dan bubar

      Pertemuan 4 ( 45 menit )
1.      Kegiatan Pendahuluan ( 15 menit )
-          Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi dan pemanasan
-          Memberikan mitivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
2.      Kegiatan Inti ( 50 menit )
·         Melakukan kombinasi teknik dasar awalan, menolak, posisi di udara, dan mendarat
-          Melakukan teknik dasar nenolak dari posisi berdiri di tempat menghadap tempat pendaratan dilanjutkan posisi melangkah ( berpasangan )
-          Melakukan teknik dasar menolak dari atas box menghadap tempat pendaratan ( perorangan,berpasangan )
-          Melakukan teknik dasar menolak menghadap tempat pendaratan dari posisi melangkah ( berpasangan )

·          Strategi pelaksanaan dengan menggunakan model tugas/penugasan
-          Guru membagikan bahan ajar, yang berisi deskripsi tugas dan indikator tugas gerak
-          Siswa mempelajari tugas ajar dan indikator keberhasilannya
-          Siswa memperkirakan waktu yang diperlukan untuk mencapai ketuntasan tugas ajar
-          Siswa melaksanakan tugas ajar sesuai dengan target waktu yang telah ditentukan sendiri cepat,maka mereka diberi kesempatan untuk mencoba lompatan tinggi dengan peraturan yang dimodifikasi
·         Lomba lompat jauh gaya melinting debgan peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan
3.      Penutup ( 20 menit )
-          Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa, dan bubar

E. Sumber Belajar
-          Ruang terbuka yang datar dan aman
-          Bendera start dan finish
-          Buku teks
-          Buku referensi ; Roji, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelas VIII, Jakarta : Erlangga
-          Lembar kerja proses belajar, Roji, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
F. Penilaian
     1. Teknik Penilaian
- Tes unjuk kerja (psikomotor): 
                                        Lakukan teknik dasar lompat jauh gaya melenting
Keterangan:
Berikan penilaian terhadap kualitas unjuk kerja peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4
                            Jumlah skor yang diperoleh
Nilai =  ----------------------------------------- X 50
                            Jumlah skor maksimal
- Pengamatan sikap (afeksi): 
Lakukan teknik dasar lompat jauh gaya melenting dengan peraturan yang telah dimodifikasi untuk menanamkan nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan
Keterangan:
Berikan tanda cek ( √ ) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta ujian menunjukkan atau menampilkan perilaku yang diharapkan.  Tiap perilaku yang di cek ( √ ) memdapat nilai 1
                    Jumlah skor yang diperoleh
Nilai  =  ----------------------------------------- X 30
                                     Jumlah skor maksimal
                               

-  Kuis/embedded test (kognisi):
Jawab secara lisan atau peragakan dengan baik, pertanyaan-pertanyaan mengenai konsep gerak dalam teknik dasar lompat jauh gaya melenting
Keterangan:
Berikan penilaian terhadap kualitas jawaban peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4
                            Jumlah skor yang diperoleh
Nilai =  ----------------------------------------- X 20
                                                    Jumlah skor maksimal
-    Nilai akhir yang diperoleh siswa =
Text Box: Nilai tes unjuk kerja + nilai observasi + nilai kuis


2.    Rubrik Penilaian

       RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA TEKNIK DASAR LOMPAT JAUH GAYA MELENTING
Aspek Yang Dinilai
Kualitas Gerak
1
2
3
4
1.       Gerakan kaki  saat menolak ke depan atas
2.       Posisi badan saat di udara melenting
3.       Pendaratan awal telapak kaki saat mendarat menggunakan tumit kaki
4.       Posisi badan dibawa ke depan saat akan mendarat






JUMLAH

JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 16





RUBRIK PENILAIAN
PERILAKU DALAM LOMPAT JAUH GAYA MELENTING
PERILAKU YANG DIHARAPKAN
CEK (√ )
1.  Bekerja sama dengan teman dalam melakukan kegiatan

2.  Toleransi/menghargai lawan

3.  Percaya diri/keberanian( bersungguh-sungguh dalam bermain)

4.  Bersedia berbagi tempat dan peralatan

  

Jumlah

Jumlah Skor Maksimal = 4











RUBRIK PENILAIAN
PEMAHAMAN KONSEP LOMPAT JAUH GAYA MELENTING

Pertanyaan yang diajukan
Kualitas Jawaban
1
2
3
4
1.       Bagaimana gerakan lutut  kaki saat mendarat?

2.       Bagaimana posisi kedua lengan saat di udara?

3.       Bagaimana posisi badan yang benar pada saat di udara ?





JUMLAH

JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 12



                               


       MENGETAHUI,                                                                           GURU MATA PELAJARAN
    KEPALA SEKOLAH                                                                                                                            


............................................                                                     ...............................................
                                                                                                  






Artikel terkait :

*      Kaset karate



                                   








0 komentar:

Posting Komentar