RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Kelas Eksperimen 1 (dengan model pembelajaran Quantum
Teaching)
Sekolah : SMA
Negeri 1 Girsang
Sipanganbolon
Mata
pelajaran : Kimia
Kelas/semester : X/ II
Materi
pokok : Hidrokarbon
Alokasi
waktu : 2
x 45 menit
Pertemuan
: 1
Standar kompetensi : 4. Memahami sifat-sifat senyawa organik atas dasar gugus fungsi dan
senyawa makromolekul.
Kompetensi dasar : 4.2.
menggolongkan senyawa Hidrokarbon berdasarkan strukturnya dan hubungannya
dengan sifat senyawa.
Indikator:
1.
Mengelompokkan
senyawa Hidrokarbon berdasarkan kejenuhan ikatan.
2.
Memberi
nama senyawa alkana, alkena dan alkuna.
I. Tujuan Pembelajaran :
Setelah pembelajaran diharapkan
seluruh siswa dapat :
1.
Mengelompokkan
senyawa Hidrokarbon jenuh dengan tepat.
2.
Mengelompokkan
senyawa Hidrokarbon tak jenuh dengan tepat.
3.
Memberi
nama senyawa alkana dengan benar.
4.
Memberi
nama senyawa alkena dengan benar.
5.
Memberi
nama senyawa alkuna dengan benar.
II. Materi
Pembelajaran
-
Alkana
, alkena dan alkuna
III. Model Pembelajaran
Quantum Teaching
Dengan langkah pembelajaran TANDUR :
Tumbuhkan = T
Alami =
A
Namai =
N
Demonstrasikan =
D
Ulangi = U
Rayakan = R
IV.
Langkah – langkah Pembelajaran Quantum Teaching
Pertemuan
1
Langkah-langkah
Quantum Teaching
|
Kegiatan Guru/
Peneliti
|
Kegiatan Siswa
|
Alokasi Waktu
|
Tumbuhkan
Alami
Namai
Demonstrasikan
Ulangi
Rayakan
|
I.
Kegiatan Awal :
-
Guru mengucap salam pada siswa, berkenalan dan mengabsen siswa
-
Guru memotivasi siswa dan menciptakan suasana yang harmonis.
-
Menjelaskan topik dan tujuan pembelajaran.
-
Meberikan media petakonsep (lampiran 7)
|
- Siswa
menjawab salam guru
- Siswa mendengarkan penjelasan guru
- Menerima media dan mendengarkan instruksi guru
|
10 menit
3 menit
4 menit
3 menit
|
III.
Kegiatan Inti :
- Menjelaskan
materi Hidrokarbon berdasarkan kejenuhan ikatannya serta penggolongannya
berdasarkan peta konsep yang diberikan guru.
- Menjelaskan
tata nama senyawa alkana, alkena dan alkuna dan memberikan contoh-contoh
soal.
- Memberikan
soal kepada siswa dan membimbing siswa untuk mengerjakan soal tersebut.
(lampiran 3)
- Memberi kesempatan kepada siswa untuk mempresentasikan soal
yang telah dikerjakan dengan benar mengenai tatanama senyawa
alkana, alkena dan alkuna dan membimbing siswa yang lain untuk terlibat aktif
|
- Mendengar penjelasan guru dan terlibat
aktif dalam pembelajaran.
- Memperhatikan
, Mencatat dan membuat kata kunci atas pembelajaran yang diperoleh.
- Mengerjakan soal dengan bimbingan dari
guru.
- Mempresentasikan hasil kerjanya
di papan tulis dan menjelaskan dengan bahasa sendiri.
|
70 menit
10 menit
30 menit
15 menit
15 menit
|
|
III.Kegiatan Akhir :
-
Guru meminta seluruh siswa untuk
mengulangi penjelasan pembagian senyawa hidrokarbon dan aturan penamaannya
dengan singkat.
-
Guru mengajak siswa untuk
merayakan keberhasilan siswa dengan bertepuk tangan sambil mengucapkan “aku
berhasil”
-
Guru mengucapkan salam penutup
|
- Menyebutkan
pembagian senyawa hidrokarbon dan aturan penamaannya secara singkat.
- Siswa
bertepuk tangan dan mengucapkan “aku berhasil”
- Siswa
menjawab salam
|
10 menit
6 menit
4 menit
|
V. Media dan Sumber Belajar
-Purba,M,
(2006), Kimia Untuk SMA kelas X.
Penerbit Erlangga, Jakarta.
-Media Peta
konsep
VI.
Penilaian
-
Pre test
-
Post-test
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Kelas Eksperimen 1 (dengan model pembelajaran Quantum
Teaching)
Sekolah : SMA
Negeri 1 Girsang
Sipanganbolon
Mata
pelajaran : Kimia
Kelas/semester : X/ II
Materi
pokok : Hidrokarbon
Alokasi
waktu : 2
x 45 menit
Pertemuan
: 2
Standar kompetensi : 4. Memahami sifat-sifat senyawa organik atas dasar gugus fungsi dan
senyawa makromolekul.
Kompetensi dasar : 4.2.
menggolongkan senyawa Hidrokarbon berdasarkan strukturnya dan hubungannya
dengan sifat senyawa.
Indikator:
1.
Menyimpulkan
hubungan titik didih senyawa hidrokarbon dengan massa molekul relatifnya dan strukturnya.
2.
Menentukan
isomer struktur (kerangka, posisi, fungsi) atau isomer geometri (cis, trans).
I. Tujuan Pembelajaran :
Setelah pembelajaran diharapkan
seluruh siswa dapat :
1.
Menyimpulkan
hubungan titik didih senyawa hidrokarbon dengan massa molekul relatifnya dengan
tepat.
2.
Menyimpulkan
hubungan titik didih senyawa hidrokarbon dengan rumus strukturnya dengan benar.
3.
Menentukan
isomer struktur dari senyawa hidrokarbon yang diberikan dengan tepat.
4.
Menentukan
isomer geometri dari senyawa alkena yang diberikan dengan tepat.
II. Materi
Pembelajaran
-
Sifat
fisik alkana, alkena dan alkuna
-
Isomer
III. Model Pembelajaran
Quantum Teaching
Dengan langkah pembelajaran TANDUR :
Tumbuhkan = T
Alami =
A
Namai =
N
Demonstrasikan =
D
Ulangi = U
Rayakan = R
IV.
Langkah – langkah Pembelajaran Quantum Teaching
Pertemuan
2
Langkah-langkah
Quantum Teaching
|
Kegiatan Guru/
Peneliti
|
Kegiatan Siswa
|
Alokasi Waktu
|
Tumbuhkan
Alami
Namai
Demonstrasikan
Ulangi
Rayakan
|
I.
Kegiatan Awal :
-
Guru mengucap salam pada siswa dan mengabsen siswa
-
Guru memotivasi siswa dan menciptakan suasana yang harmonis.
-
Menjelaskan topik dan tujuan pembelajaran dan membagi kelompok siswa.
-
Meberikan media petakonsep (lampiran 7)
|
- Siswa
menjawab salam guru
- Siswa mendengarkan penjelasan guru
- Menerima media dan mendengarkan instruksi guru
membentuk kelompok diskusi.
|
10 menit
3 menit
4 menit
3 menit
|
III.
Kegiatan Inti :
- Menjelaskan
materi pelajaran mengenai sifat fisis dan sifat kimia dari alkana, alkena dan
alkuna serta kegunaannya dengan mengembangkan peta konsep yang diperlihatkan
guru.
- Menjelaskan
mengenai konsep keisomeran dari alkana, alkena dan alkuna dan
menghubungkannya dengan soal-soal.
- Memberikan
soal berkelompok kepada siswa mengenai keisomeran senyawa hidrokarbon.(lampiran
3)
- Memberi kesempatan kepada kelompok
siswa untuk mempresentasikan hasil yang telah dikerjakan dengan benar mengenai keisomeran senyawa hidrokarbon.
|
- Mendengar penjelasan guru dan terlibat
aktif dalam pembelajaran.
- Memperhatikan
, Mencatat dan membuat kata kunci atas pembelajaran yang diperoleh.
- Mengerjakan soal berkelompok dengan bimbingan dari guru sebagai umpan
balik pembelajaran.
- Mempresentasikan hasil kerja
kelompoknya di papan tulis dan menjelaskan dengan bahasa sendiri.
|
70 menit
15 menit
25 menit
20 menit
10 menit
|
|
III.Kegiatan Akhir :
-
Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan
pelajaran secara singkat.
-
Guru memberikan penguatan pada
kelompok yang berhasil dalam mengerjakan soal serta memberi hadiah kecil
sebagai penghargaan.
-
Guru mengucapkan salam penutup
|
- Menyimpulkan
pelajaran bersama dengan guru.
- Siswa
bertepuk tangan dan memperhatikan kelompok yang berhasil.
- Siswa
menjawab salam
|
10 menit
5 menit
5 menit
|
V. Media dan Sumber Belajar
-Purba,M,
(2006), Kimia Untuk SMA kelas X.
Penerbit Erlangga, Jakarta.
-Media Peta
konsep
VI.
Penilaian
-
Pre test
-
Post-test
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Kelas Eksperimen 1 (dengan model pembelajaran Quantum
Teaching)
Sekolah : SMA
Negeri 1 Girsang
Sipanganbolon
Mata
pelajaran : Kimia
Kelas/semester : X/ II
Materi
pokok : Hidrokarbon
Alokasi
waktu : 2
x 45 menit
Pertemuan
: 3
Standar kompetensi : 4. Memahami sifat-sifat senyawa organik atas dasar gugus fungsi dan
senyawa makromolekul.
Kompetensi dasar : 4.2.
menggolongkan senyawa Hidrokarbon berdasarkan strukturnya dan hubungannya
dengan sifat senyawa.
Indikator:
1.
Menuliskan
reaksi sederhana pada senyawa alkana, alkena dan alkuna (reaksi substitusi,
reaksi adisi, dan reaksi eliminasi)
I. Tujuan Pembelajaran :
Setelah pembelajaran diharapkan
seluruh siswa dapat :
1.
Menuliskan
reaksi sederhana pada senyawa alkana dengan benar.
2.
Menuliskan
reaksi sederhana pada senyawa alkena dengan benar.
3.
Menuliskan
reaksi sederahana pada senyawa alkuna dengan benar.
II. Materi
Pembelajaran
-
Reaksi
senyawa karbon
III. Model Pembelajaran
Quantum Teaching
Dengan langkah pembelajaran TANDUR :
Tumbuhkan = T
Alami =
A
Namai =
N
Demonstrasikan =
D
Ulangi = U
Rayakan = R
IV.
Langkah – langkah Pembelajaran Quantum Teaching
Pertemuan
1
Langkah-langkah
Quantum Teaching
|
Kegiatan Guru/
Peneliti
|
Kegiatan Siswa
|
Alokasi Waktu
|
Tumbuhkan
Alami
Namai
Demonstrasikan
Ulangi
Rayakan
|
I.
Kegiatan Awal :
-
Guru mengucap salam pada siswa, dan mengabsen siswa
-
Guru memotivasi siswa dan menciptakan suasana yang harmonis sembari
mengarahkan siswa agar tetap pada kelompoknya.
-
Menjelaskan topik dan tujuan pembelajaran serta menyampaikan pada siswa agar
bersenang-senang dalam belajar tetapi
terarah.
-
Meberikan media petakonsep (lampiran 7)
|
- Siswa
menjawab salam guru
- Siswa mendengarkan penjelasan guru
- Menerima media dan mendengarkan instruksi guru
|
10 menit
3 menit
4 menit
3 menit
|
III.
Kegiatan Inti :
- Menjelaskan
mengenai reaksi pengertian senyawa karbon seperti reaksi substitusi , adisi
dan eliminasi.
- Mendeskripsikan
reaksi-reaksi yang dapat terjadi pada senyawa Hidrokarbon dan menghubungkan
nya dengan soal-soal.
- Menyelesaikan
soal yang tidak dapat dipecahkan oleh siswa di papan tulis.
- Memberikan
soal kepada siswa secara berkelompok dan membimbing siswa untuk mengerjakan
soal tersebut.(lampiran 3)
- Memberi kesempatan kepada siswa untuk menampilkan
hasil kerja kelompoknya di papan tulis.
|
- Mendengar penjelasan guru dan terlibat
aktif dalam pembelajaran.
- Memperhatikan
, Mencatat dan membuat kata kunci atas pembelajaran yang diperoleh.
- Memperhatikan
cara penyelesaian yang dibuat guru.
- Mengerjakan soal secara berkelompok dengan bimbingan dari guru.
- Menampilkan hasil kerjanya di papan tulis
dan menjelaskan dengan bahasa sendiri.
|
65 menit
10 menit
25 menit
15 menit
15 menit
|
|
III.Kegiatan Akhir :
-
Guru dan siswa menyimpulkan
pembelajaran mengenai reaksi senyawa karbon.
-
Guru memberikan penguatan pada
seluruh siswa atas keberhasilan pembelajaran dengan mengucapkan “saya berhasil”
-
Guru mengingatkan siswa agar
belajar di rumah untuk evaluasi minggu depan dan memberikan tugas di rumah.
(lampiran RPP)
|
- Menyimpulkan
pelajaran mengenai reaksi senyawa karbon bersama dengan guru.
- Siswa
bertepuk tangan dan mengucapkan “saya berhasil”
- Siswa
mendengarkan guru.
|
15 menit
7 menit
4 menit
4 menit
|
V. Media dan Sumber Belajar
-Purba,M,
(2006), Kimia Untuk SMA kelas X.
Penerbit Erlangga, Jakarta.
-Media Peta
konsep
VI.
Penilaian
-
Pre test
-
Post-test
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Kelas Eksperimen 2 (tanpa model pembelajaran Quantum
Teaching)
Sekolah : SMA
Negeri 1 Girsang
Sipanganbolon
Mata
pelajaran : Kimia
Kelas/semester : X/ II
Materi
pokok : Hidrokarbon
Alokasi
waktu : 2
x 45 menit
Pertemuan
: 1
Standar kompetensi : 4. Memahami sifat-sifat senyawa organik atas dasar gugus fungsi dan
senyawa makromolekul.
Kompetensi dasar : 4.2.
menggolongkan senyawa Hidrokarbon berdasarkan strukturnya dan hubungannya
dengan sifat senyawa.
Indikator:
1.
Mengelompokkan
senyawa Hidrokarbon berdasarkan kejenuhan ikatan.
2.
Memberi
nama senyawa alkana, alkena dan alkuna.
I. Tujuan Pembelajaran :
Setelah pembelajaran diharapkan
seluruh siswa dapat :
1.
Mengelompokkan
senyawa Hidrokarbon jenuh dengan tepat.
2.
Mengelompokkan
senyawa Hidrokarbon tak jenuh dengan tepat.
3.
Memberi
nama senyawa alkana dengan benar.
4.
Memberi
nama senyawa alkena dengan benar.
5.
Memberi
nama senyawa alkuna dengan benar.
II. Materi
Pembelajaran
-
Alkana
, alkena dan alkuna
III. Metode Pembelajaran
Ceramah, Tanya jawab dan
diskusi
IV.
Langkah – langkah Pembelajaran
Pertemuan
1
Kegiatan Guru/
Peneliti
|
Kegiatan Siswa
|
Alokasi Waktu
|
I.
Kegiatan Awal :
-
Guru mengucap salam pada siswa, berkenalan dan mengabsen siswa
-
Menjelaskan topik dan tujuan pembelajaran.
-
Meberikan media petakonsep (lampiran 7 )
|
- Siswa
menjawab salam guru
- Siswa mendengarkan penjelasan guru
- Menerima media dan mendengarkan instruksi guru
|
10 menit
3 menit
4 menit
3 menit
|
III.
Kegiatan Inti :
- Menjelaskan
materi Hidrokarbon berdasarkan kejenuhan ikatannya serta penggolongannya
berdasarkan peta konsep yang diberikan guru.
- Menjelaskan
tata nama senyawa alkana, alkena dan alkuna dan memberikan contoh-contoh
soal.
- Memberikan
soal kepada siswa dan membimbing siswa untuk mengerjakan soal tersebut.
(lampiran 3)
- Menjawab
soal yang diberikan bersama dengan siswa.
|
- Mendengar penjelasan guru dan terlibat
aktif dalam pembelajaran.
- Memperhatikan
, dan Mencatat apa yang telah dijelaskan oleh guru.
- Mengerjakan soal dengan bimbingan dari
guru.
- Memperhatikan
dan mencatat jawaban yang diberikan guru.
|
70 menit
10 menit
30 menit
15 menit
15 menit
|
III.Kegiatan
Akhir :
-
Guru menyimpulkan pelajaran
secara singkat.
-
Guru mengucapkan salam penutup
|
- Siswa
mendengarkan kesimpulan dari guru.
- Siswa
menjawab salam
|
10 menit
8 menit
2 menit
|
V. Media dan Sumber Belajar
-Purba,M,
(2006), Kimia Untuk SMA kelas X.
Penerbit Erlangga, Jakarta.
-Media Peta
konsep
VI.
Penilaian
-
Pre test
-
Post-test
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Kelas Eksperimen 2 (tanpa model pembelajaran Quantum
Teaching)
Sekolah : SMA
Negeri 1 Girsang
Sipanganbolon
Mata
pelajaran : Kimia
Kelas/semester : X/ II
Materi
pokok : Hidrokarbon
Alokasi
waktu : 2
x 45 menit
Pertemuan
: 2
Standar kompetensi : 4. Memahami sifat-sifat senyawa organik atas dasar gugus fungsi dan
senyawa makromolekul.
Kompetensi dasar : 4.2.
menggolongkan senyawa Hidrokarbon berdasarkan strukturnya dan hubungannya
dengan sifat senyawa.
Indikator:
1.
Menyimpulkan
hubungan titik didih senyawa hidrokarbon dengan massa molekul relatifnya dan
strukturnya.
2.
Menentukan
isomer struktur (kerangka, posisi, fungsi) atau isomer geometri (cis, trans).
I. Tujuan Pembelajaran :
Setelah pembelajaran diharapkan
seluruh siswa dapat :
1.
Menyimpulkan
hubungan titik didih senyawa hidrokarbon dengan massa molekul relatifnya dengan
tepat.
2.
Menyimpulkan
hubungan titik didih senyawa hidrokarbon dengan rumus strukturnya dengan benar.
3.
Menentukan
isomer struktur dari senyawa hidrokarbon yang diberikan dengan tepat.
4.
Menentukan
isomer geometri dari senyawa alkena yang diberikan dengan tepat.
II. Materi
Pembelajaran
-
Sifat
fisik alkana, alkena dan alkuna
-
Isomer
III. Metode Pembelajaran
Ceramah, Tanya jawab dan
diskusi kelompok
IV.
Langkah – langkah Pembelajaran
Pertemuan
2
Kegiatan Guru/
Peneliti
|
Kegiatan Siswa
|
Alokasi Waktu
|
I.
Kegiatan Awal :
-
Guru mengucap salam pada siswa dan mengabsen siswa
-
Menjelaskan topik dan tujuan pembelajaran dan membagi kelompok siswa.
-
Meberikan media petakonsep (lampiran 7 )
|
- Siswa
menjawab salam guru
- Siswa mendengarkan penjelasan guru
- Menerima media dan mendengarkan instruksi guru
membentuk kelompok diskusi.
|
10 menit
3 menit
4 menit
3 menit
|
III.
Kegiatan Inti :
- Menjelaskan
materi pelajaran mengenai sifat fisis dan sifat kimia dari alkana, alkena dan
alkuna serta kegunaannya dengan mengembangkan peta konsep yang diperlihatkan
guru.
- Menjelaskan
mengenai konsep keisomeran dari alkana, alkena dan alkuna dan
menghubungkannya dengan soal-soal.
- Memberikan
soal berkelompok kepada siswa mengenai keisomeran senyawa hidrokarbon.
(lampiran 3)
- Menanyakan
pada siswa apakah ada soal yang tidak dapat dikerjakan dan menjawab soal
secara bersama dengan siswa.
|
- Mendengar penjelasan guru dan terlibat
aktif dalam pembelajaran.
- Memperhatikan dan Mencatat penjelasan dari guru.
- Mengerjakan soal berkelompok dengan bimbingan dari guru sebagai umpan
balik pembelajaran.
- Menjawab
pertanyaan guru dan memperhatikan jawaban yang diberikan guru.
|
75 menit
15 menit
30 menit
15 menit
15 menit
|
III.Kegiatan
Akhir :
-
Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan
pelajaran secara singkat.
-
Guru mengucapkan salam penutup
|
- Menyimpulkan
pelajaran bersama dengan guru.
- Siswa
menjawab salam
|
5 menit
4 menit
1 menit
|
V. Media dan Sumber Belajar
-Purba,M,
(2006), Kimia Untuk SMA kelas X.
Penerbit Erlangga, Jakarta.
-Media Peta
konsep
VI.
Penilaian
-
Pre test
-
Post-test
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Kelas Eksperimen 2 (tanpa model pembelajaran Quantum
Teaching)
Sekolah : SMA
Negeri 1 Girsang
Sipanganbolon
Mata
pelajaran : Kimia
Kelas/semester : X/ II
Materi
pokok : Hidrokarbon
Alokasi
waktu : 2
x 45 menit
Pertemuan
: 3
Standar kompetensi : 4. Memahami sifat-sifat senyawa organik atas dasar gugus fungsi dan
senyawa makromolekul.
Kompetensi dasar : 4.2.
menggolongkan senyawa Hidrokarbon berdasarkan strukturnya dan hubungannya
dengan sifat senyawa.
Indikator:
1.
Menuliskan
reaksi sederhana pada senyawa alkana, alkena dan alkuna (reaksi substitusi,
reaksi adisi, dan reaksi eliminasi)
I. Tujuan Pembelajaran :
Setelah pembelajaran diharapkan
seluruh siswa dapat :
1.
Menuliskan
reaksi sederhana pada senyawa alkana dengan benar.
2.
Menuliskan
reaksi sederhana pada senyawa alkena dengan benar.
3.
Menuliskan
reaksi sederahana pada senyawa alkuna dengan benar.
II. Materi
Pembelajaran
-
Reaksi
senyawa karbon
III. Metode Pembelajaran
Ceramah, Tanya jawab dan
diskusi kelompok.
IV.
Langkah – langkah Pembelajaran
Pertemuan
1
Kegiatan Guru/
Peneliti
|
Kegiatan Siswa
|
Alokasi Waktu
|
I.
Kegiatan Awal :
-
Guru mengucap salam pada siswa, dan mengabsen siswa
-
Guru mengarahkan siswa agar tetap pada kelompoknya.
-
Menjelaskan topik dan tujuan pembelajaran
-
Meberikan media petakonsep (lampiran 7)
|
- Siswa
menjawab salam guru
- Siswa mendengarkan penjelasan guru
- Menerima media dan mendengarkan instruksi guru
|
10 menit
3 menit
4 menit
3 menit
|
III.
Kegiatan Inti :
- Menjelaskan
mengenai reaksi pengertian senyawa karbon seperti reaksi substitusi , adisi
dan eliminasi.
- Mendeskripsikan
reaksi-reaksi yang dapat terjadi pada senyawa Hidrokarbon dan menghubungkan
nya dengan soal-soal.
- Menyelesaikan
soal yang tidak dapat dipecahkan oleh siswa di papan tulis.
- Memberikan
soal kepada siswa secara berkelompok dan membimbing siswa untuk mengerjakan
soal tersebut.(lampiran 3)
|
- Mendengar penjelasan guru dan terlibat
aktif dalam pembelajaran.
- Memperhatikan
dan Mencatat penjelasan yang diberikan guru.
- Memperhatikan
cara penyelesaian yang dibuat guru.
- Mengerjakan soal secara berkelompok dengan bimbingan dari guru.
|
70 menit
10 menit
30 menit
15 menit
15 menit
|
III.Kegiatan
Akhir :
-
Guru dan siswa menyimpulkan
pembelajaran mengenai reaksi senyawa karbon.
-
Guru mengingatkan siswa agar
belajar di rumah untuk evaluasi minggu depan dan memberikan tugas di rumah.
(lampiran RPP)
|
- Menyimpulkan
pelajaran mengenai reaksi senyawa karbon bersama dengan guru.
- Siswa
mendengarkan guru.
|
10 menit
7 menit
3 menit
|
V. Media dan Sumber Belajar
-Purba,M,
(2006), Kimia Untuk SMA kelas X.
Penerbit Erlangga, Jakarta.
-Media Peta
konsep
VI.
Penilaian
-
Pre test
-
Post-test
Lampiran 3
Soal-soal
tugas
1.
Pertemuan
I
1. Berikan nama pada rumus struktur berikut ini.
a.
Jawab:
b.
Jawab :
c.
Jawab :
2. Tuliskan rumus strukturnya!
a. 2,2,3-trimetilpentana
Jawab :
b. 2,2,3,4-tetrametilheptana
Jawab :
c. 3-etil, 2,5-dimetil, 4-propilnonana
Jawab :
Soal :
1. Tulis rumus struktur dari senyawa berikut:
a. 3,4-dimetil-2-heksena
Jawab :
b. 2,3-dimetil-1-pentena
Jawab :
2. Beri nama pada rumus struktur berikut:
a.
Jawab :
b.
Jawab :
Soal:
1. Tuliskan rumus struktur dari senyawa berikut ini!
a. 3-metil-1-pentuna
Jawab :
b. 3,4-dimetil-1-heksuna
Jawab :
2. Tuliskan nama dari rumus struktur berikut ini!
a.
Jawab :
b.
Jawab :
2.
Pertemuan
III
Soal
:
1.
Tuliskan rumus struktur dan nama isomer-isomer dari:
a. Heksana
Jawab :
b. Heptana
Jawab :
2.
Tulislah rumus struktur dan nama isomer-isomer dari senyawa berikut.
a. Isomer rantai dari pentena dan heptena.
Jawab :
b. Isomer posisi dari pentena dan oktena.
Jawab :
3.
Tulislah rumus struktur dan nama isomer-isomer dari
a. Heksuna
Jawab :
b. Pentuna
Jawab :
Pertemuan III
Soal :
1. Dari
reaksi berikut, tentukan yang mana reaksi substitusi, adisi, dan oksidasi!
a. CH2 = CH2 + 2 H2
CH3 – CH3
Jawab :
b. CH3 – CH3 + Cl2 CH3 – CH2
– Cl + HCl
Jawab :
c. 2 C2H6 + 7 O2 4 CO2 + 6 H2O
Jawab :
d. CH2 = CH2 + Br2 CH2Br – CH2Br
Jawab :
e. CH3 – CH2OH CH2 = CH2 + H2O
Jawab :
2.
Tentukan
hasil reaksi :
a. + H2 ……….
b.
+ H2 ………..
c. C3H8 + O2 ……..
0 komentar:
Posting Komentar