Masalahdalampendidikanjasmanisangattergantungdaridimanasekolahtersebutberdiri.Masalahtersebutdapatterjadidalamberbagaifactor,factortersebutantara
lain: sekolah/lingkungan, guru penjas/pendidik, siswa. Masalahtersebutdapat d
uraikansebagaiberikut :
A. Sekolah di Pedesaan
1. Sekolah / Lingkungan
a.
Sekolahdalamdaerahpedesaansangatlah minim
olehsaranaprasaranadalammelakukanpembelajaran yang efektifdalampembelajaranpenjas.
b.
Selalutertinggalmasalahteknologidalampembelajaranpenjas yang sedangberkembang.
c.
Kurangnyafasilitaspendukungdalampembelajaranpendidikanjasmani.
d.
Sekolahtersebutbiasanyabersentuhandenganmasyarakatjadikeadaanpembelajarantidakkondusif.
e. Peralatan yang minim
saatpembelajaran.
f. Tidakadanyafasilitas
yang baikuntukpembelajaran.
2. Guru penjas/pendidik
a. Kurangnya guru penjas
yang berkelayakan.
b. Guru
tidaktepatwaktukarenajarakantaratempattinggaldansekolahsangatjauhdanmedan yang
di laluisangatsulit.
c.
Kurangefektifdalampenyampaianmateri.
d. Guru
tersebutmalassaatmengajar
3. Siswa
a. Banyaksiswa yang
tidakmematuhitatacarapembelajarandenganbaik.
b. Siswatidakaktifdalampembelajaran.
c. Kurangnyapengetahuantentangmateri yang
akandipelajari.
d. Kurangnyaminatuntukmelakukanaktifitasjasmani.
B. Sekolah di Perkotaan
1. Sekolah / lingkungan
a. Lingkungansekolah yang
terlalubising.
b. Sangatminimnyafasilitas yang ada.
c. Tidakadanyakorelatif yang
baikantarasekolahdenganlingkungan.
d. Tidakadanyapengamanan yang
baiksaatpembelajaranpenjas.
2. Guru penjas / pendidik
a. Tidakmempunyaidedikasi yang
tinggisaatmengajar.
b. Karenadianggapsiswasudahbisa guru
seenaknyamengajar.
c. Hanyamengajarsiswa yang sudah
bias salahsatuolahraga.
d. Menyerahkanpengajaranolehsiswa yang di
anggapmampu.
3. Siswa
a. Siswaterlalusulitdiatur.
b. Siswaseenaknyasendirisaatpembelajaraan.
c. Bermainsendirisaatpembelajaran.
Dalamberbagaiuraiantersebutdapatditambahsebagaiberikut :
1. Kekuranagan guru penjas
yang layak.
2. Jumlahpelajar yang
terlaluramaiuntukpengajaran yang kondusif.
3. Peralatan yang
tidaksesuaibagipelajarberkebutuhankhususkhusus.
4.
Pelajarberkebutuhankhususterpinggirkanolehpelajar normal.
5.
Masalahfisikalbagiparapelajarberkebutuhankhusus,
6. Komunikasiantar guru
danpelajarberkebutuhankhusus, pelajar normal denganpelajarberkebutuhankhusus.
7. Perlakuan yang
samaantarapelajar normal danpelajarberkebutuhankhusus.
8. Peralatan yang minim
saatpembelajaran.
9.
Belumtersedianyafasilitasolahraga indoor.
10. Kurangnyaperhatian yang seriusolehpihaksekolah.
Baca Juga :
0 komentar:
Posting Komentar