FORMAT RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
MICRO TEACHING UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah :
SMA NEGERI 5 MEDAN
Mata Pelajaran :
PENDIDIKAN JASMANI
Kelas/ Semester :
X/ GANJIL
Pertemuan ke- : 9 ( senin, 02 November 2010)
Alokasi waktu : 2 x 45”
I.
Standar
Kompetensi : 2. Mempraktekkan latihan
kebugaran jasmani dan cara mengukurnya
sesuai dengan kebutuhan nilai-nilai yang terkandung didalam.
II.
Kompetensi
Dasar : 2.1. Mempraktekkan latihan
kekuatan ,kecepatan,daya tahan dan kelentukan untuk kebugaran jasmani dalam
bentuk sederhana serta nilai tanggung jawad,disiplin dan percaya diri.
III.
Indikator : -Melakukan bergai bentuk latihan kekuatan
untuk mengembangkan kebugaran jasmani.
-melakukan bergai
bentuk latihan kelenturan
IV. Materi Prasyarat :
V. Materi pembelajaran : LATIHAN KEBUGARAN
JASMANI
-latihan kekuatan
-latihan kelenturan antara lain yang
terdiri dari….
VI. Metode Pembelajaran : Demonstrasi, belajar tuntas, Resprocal.
VII.
Perangkat
dan Media pembelajaran : Alat peraga, seperti: Pluit,stop watch,dan matras
senam
VIII. Langkah – langkah kegiatan Pembelajaran
IX. Sumber Pembelajaran :
Buku sumber; pendidikan
jasmani dan kesehatan kelas 2, muhajir, Jakarta, erlangga, 1997
X. Peilaian:
1. Tekhnik
:
- Tes unjuk kerja (psikomotor):
Lakukan tekhnik dasar passing atas dan passing bawah,
Keterangan: Berikan penilaian terhadap kualitas unjuk kerja peserta ujian,
dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4.
Nilai = x 50
-
Pengamatan
sikap (afeksi)
melakukan berbagai bentuk
latihan,dari:push up,sit up,pull up. Kerjasama dengan teman satu tim dan tunjukan prilaku sportif.
Keterangan:
Berikan tanda check list (√) pada olom yang sudah disediakan, setiap
peserta ujian menunjukkan atau menampilkan prilaku yang diharapkan. Tiap
prilaku yang di (√) mendapat nilai 1.
Nilai = x20
-
Test
kognitif
Jawab secara lisan atau peragakan dengan baik, pertanyaan-pertanyaan
mengenai konsep gerak dalam latihan kelenturan.
Keterangan: Berikan penilaian terhadap kualitas jawaban peserta ujian
dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4
Nilai = x30
|
2. Rubrik Penilaian
RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA TEKHNIK DASAR LATIHAN
KELENTURAN
ASPEK YANG DINILAI
|
KUALITAS GERAK
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH
|
|
|
|
|
Jumlah skor Maksimal = 24
|
|
|
|
|
RUBRIK PENILAIAN AFEKTIF
DALAM LATIHAN KELENTURAN
PERILAKU YANG DIHARAPKAN
|
KUALITAS GERAK
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
|
1. Bekerjasama
dengan teman
|
|
|
|
|
2. Mentaati
peraturan
|
|
|
|
|
3. menghormati
penguji
|
|
|
|
|
4. menunjukkan
sikap bersugguh-sungguh
|
|
|
|
|
JUMLAH
|
|
|
|
|
JUMLAH SKOR MAKSIMAL = 4
|
|
|
|
|
RUBRIK PENILAIAN
KOGNITIF GERAK DALAM LATIHAN KELENTURAN
Aspek
yang dinilai
|
Kualitas Gerak
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
Jumlah skor maksimal = 24
|
|
|
|
|
Medan, 04
Mei 2010
Diketahui/ disetujui, Oleh
Kepala Sekolah Guru
bidang studi
NUR
RIFANI ULFAH
NIP. NIP. 608321121
0 komentar:
Posting Komentar